Kompas TV internasional kompas dunia

Penyanyi Coco Lee Dimakamkan di Tanah Kelahirannya Hong Kong, Penggemar Berduka

Kompas.tv - 2 Agustus 2023, 10:10 WIB
penyanyi-coco-lee-dimakamkan-di-tanah-kelahirannya-hong-kong-penggemar-berduka
Karangan bunga diletakkan di Rumah Duka, di mana pemakaman disiapkan untuk penyanyi dan penulis lagu Hong Kong Coco Lee, di Hong Kong, Senin, 31 Juli 2023. Penggemar Coco Lee berduka dan berkumpul dengan membawa bunga untuk memberi penghormatan terakhir pada pemakamannya. (Sumber: Foto AP/Annie Cheung)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

HONG KONG, KOMPAS.TV - Penyanyi dan penulis lagu Coco Lee dikremasi dalam upacara pribadi di tanah kelahirannya, Hong Kong, Selasa (1/8/2023). Ia yang meninggal pada 5 Juli lalu dalam usia 48 tahun, dikenal sebagai penyanyi dengan suara yang kuat dan penampilan live yang apik.

Isak tangis terdengar ketika pengusung jenazah berbaris dengan khidmat dengan peti mati Coco Lee yang dibawa ke dalam aula pemakaman sebelum jenazahnya dikremasi.

Pada hari Senin, banyak penggemar berpakaian hitam telah menunggu di luar aula rumah duka, dengan membawa bunga. Upacara peringatan publik juga dihadiri oleh kerabat dan teman-temannya, termasuk penyanyi Elva Hsiao dan Jenny Tseng.

Lin Jing, seorang penggemar dari provinsi Fujian di China, mengatakan dia mengagumi senyum dan penampilan Lee. “Dia sangat berbakat. Dia selalu berusaha untuk berkembang dan dia menginspirasi wanita untuk merasa mandiri," ujarnya seperti dikutip dari The Associated Press.

Baca Juga: Profil Coco Lee, Penyanyi yang Meninggal di Usia 48 Tahun, Terkenal di Indonesia Berkat 2 Lagu Ini

Di dalam aula rumah duka, tiga hati berwarna merah muda yang terbuat dari bunga dan hiasan lainnya dipajang di bawah foto Lee.

Teman dekatnya, Hsiao, mengatakan dalam upacara pemakaman, bahwa dia ingat menonton penampilan Lee ketika masih menjadi siswa sekolah dan menganggapnya sebagai idola yang sempurna. Setelah mereka berteman di industri hiburan, Lee menyemangati Hsiao saat dia jatuh dan memperlakukannya seperti adik perempuan.

“Dia mencerahkan hidupku dengan kebahagiaan dan keberaniannya. Saya akan terus menjaga semangatnya,” kata Hsiao dengan suara gemetar.

Dalam sebuah video untuk upacara peringatan kematiannya, para aktor dan penyanyi dari Hong Kong, China, dan Taiwan mengenang Lee dan berduka atas kematiannya.

Bintang aksi Jackie Chan mengatakan dalam video bahwa semua orang bangga pada Coco Lee ketika dia bernyanyi di panggung Oscar.


“Bagi kami, Coco adalah teman yang penuh semangat dan baik hati yang peduli kepada kami. Dia benar-benar orang yang baik. Itu sebabnya kami sulit menerima bahwa dia telah meninggalkan kami,” kata Chan.

Sutradara Ang Lee mengenang percakapannya dengan Coco Lee sebelum Oscar dan menyayangkan bahwa dia harus meninggal dalam usia yang begitu muda. “Kami sangat merindukannya. Coco, istirahatlah dengan tenang," katanya dalam video tersebut.

Baca Juga: Profil Aktor Angus Cloud, Pemeran Fezco di Euphoria yang Meninggal di Usia 25 Tahun

Coco Lee adalah penyanyi China pertama yang berhasil menembus pasar Amerika, dan lagu bahasa Inggrisnya "Do You Want My Love" menjadi hit tahun 1999. Pada tahun 2001, dia menyanyikan "A Love Before Time" dari film Ang Lee "Crouching Tiger, Hidden Dragon" di Academy Awards. Dia juga menjadi orang Tionghoa Amerika pertama yang tampil di panggung Oscar.

Lee juga menjadi pengisi suara Fa Mulan dalam film "Mulan" edisi mandarin, dan menyanyikan lagu tema film Mulan, "Reflection", dalam versi Mandarin.

Dia menikah dengan Bruce Rockowitz, seorang eksekutif bisnis asal Kanada di Hong Kong, dan memiliki dua putri tiri.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x