Kompas TV internasional kompas dunia

Kalahkan Bolsonaro, Lula Da Silva Menangi Pemilu Brasil, Rakyat Berpesta di Jalanan

Kompas.tv - 31 Oktober 2022, 06:42 WIB
kalahkan-bolsonaro-lula-da-silva-menangi-pemilu-brasil-rakyat-berpesta-di-jalanan
Mantan Presiden Brasil Lula Da Silva kembali memenangkan pemilu, setelah mengalahkan petahana Jair Bolsonaro, Minggu (30/10/2022). (Sumber: The Associated Press.)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

SAO PAULO, KOMPAS.TV - Otoritas pemilihan Brasil menyatakan bahwa Luiz Inácio Lula da Silva dari Partai Buruh mengalahkan petahana Jair Bolsonaro untuk menjadi presiden Brazil berikutnya. .

Seperti dikutip dari The Associated Press, Minggu (30/10/2022), dengan 98,8 persen suara yang dihitung, da Silva menang tipis dengan 50,8 persen suara dan Bolsonaro memperoleh 49,2 persen suara. Dengan hasil ini, otoritas pemilihan menyatakan kemenangan da Silva.

Da Silva sebelumnya pernah menjadi Presiden Brasil pada periode 2003-2010. Dia berjanji akan memulihkan Brasil dan menuju negara yang lebih Makmur. Namun kini Brazil menghadapi tantangan dalam masyarakat yang terpolarisasi karena pemilu.

Baca Juga: Sungai Amazon di Brasil Kekeringan Parah, Hanya Enam Bulan usai Disapu Banjir Dahsyat

Kemenangan ini merupakan kembalinya kekuasaan yang menakjubkan bagi da Silva, 77, yang pernah dipenjara pada 2018 karena skandal korupsi dan membuatnya absen dari pemilihan tahun itu. Absennya Da Silva telah membuka jalan bagi kemenangan Bolsonaro.

Pemilu kali ini berlangsung ketat. Pada hari pemilihan, pemberian suara ditutup pukul 17.00 waktu setempat secara nasional. Karena pemungutan suara dilakukan secara elektronik, hasil awal keluar dengan cepat dan hasil akhir tersedia beberapa jam kemudian.

Bolsonaro memimpin sepanjang paruh pertama penghitungan. Namun ketika Da Silva mulai menyusul perolehan suara, mobil-mobil di jalanan pusat kota Sao Paulo mulai membunyikan klakson. Orang-orang di jalan-jalan lingkungan Ipanema, Rio de Janeiro, terdengar berteriak, "Sudah berubah!"

Di markas da Silva di pusat kota Sao Paulo, orang-orang menahan diri untuk tidak merayakannya sampai lembaga survei yang disegani, Datafolha, mengumumkan kemenangan Da Silva. Ketika kemenangan diumumkan, kemudian warga meledak dalam sorak-sorai.

Baca Juga: Lionel Messi: Brasil dan Prancis Kandidat Hebat Menangkan World Cup 2022

Di luar rumah Bolsonaro di Rio de Janeiro, seorang wanita di atas truk menyampaikan doa melalui pengeras suara, lalu bernyanyi dengan penuh semangat, mencoba membangkitkan energi. Tetapi para pendukung yang mengenakan bendera hijau dan kuning hampir tidak menanggapi. Banyak yang bersemangat ketika lagu kebangsaan dimainkan, bernyanyi bersama dengan tangan di atas hati mereka.

Pada putaran pertama pemungutan suara, pada 2 Oktober, paruh pertama suara yang dihitung juga menunjukkan Bolsonaro unggul, dengan da Silva unggul kemudian setelah suara dari kubunya dihitung. Kedua pria itu terkenal sebagai tokoh politik yang memecah belah. Di satu sisi mereka membangkitkan semangat berpolitik warga, namun di sisi lain juga membangkitkan kebencian.
 



Sumber : The Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x