Kompas TV internasional kompas dunia

6 Kejutan Besar dari Kongres Partai Komunis China yang Kukuhkan Kekuasaan Presiden Xi Jinping

Kompas.tv - 23 Oktober 2022, 19:40 WIB
6-kejutan-besar-dari-kongres-partai-komunis-china-yang-kukuhkan-kekuasaan-presiden-xi-jinping
Peristiwa selama seminggu terakhir selama Kongres Partai Komunis di Beijing mengukuhkan tempat Xi Jinping sebagai penguasa paling kuat di China sejak Mao Zedong. Berikut enam kejutan utama yang muncul selama kongres akhir pekan ini. (Sumber: AP Photo/Andy Wong)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

 

BEIJING, KOMPAS.TV - Presiden China Xi Jinping pada Minggu (23/10/2022) mengamankan masa jabatan ketiga dan memperkenalkan Komite Tetap Politbiro baru, penuh dengan sekutu utamanya.

Peristiwa selama seminggu terakhir selama Kongres Partai Komunis di Beijing mengukuhkan tempat Xi sebagai penguasa paling kuat di China sejak Mao Zedong.

Berikut enam kejutan utama yang muncul selama kongres yang berlangsung pada akhir pekan ini seperti catatan Straits Times, Minggu.

Ketua Partai Shanghai Li Qiang Dapat Promosi Besar

Ketua partai Shanghai Li Qiang diangkat ke posisi no.2 Partai Komunis pada Minggu, setelah disebutkan di antara tujuh anggota Komite Tetap Politbiro yang baru, lingkaran kepemimpinan tertinggi China.

Li Qiang, 63, sekarang pasti akan menjadi perdana menteri China berikutnya setelah petahana Li Keqiang, 67, mundur dalam Kongres Rakyat Nasional Maret mendatang.

Melajunya Li Qiang, meskipun tidak sepenuhnya tidak terduga oleh para pakar, bersifat signifikan karena beberapa pengamat China memperkirakan penguncian Covid-19 yang kacau di Shanghai baru-baru ini akan memengaruhi prospek promosinya.

Li memberlakukan penguncian yang panjang di pusat keuangan China setelah wabah virus corona yang parah pada Maret lalu.

Baca Juga: Inilah Riwayat Karir dan Kebijakan Presiden China Xi Jinping menurut Media Barat

Presiden China Xi Jinping kembali terpilih untuk masa jabatan ketiga dan akan menjabat lima tahun ke depan. Inilah riwayat karir dan catatan kebijakan Xi Jinping sebagai presiden China dari teropong media barat Associated Press, Minggu (23/10/2022). (Sumber: AP Photo/Andy Wong)

Selama penguncian, pemerintah Shanghai dikritik secara luas ketika penduduk menyuarakan keluhan mereka di media sosial atas kekurangan makanan dan kesulitan mendapatkan akses perawatan kesehatan.

Li, sekutu setia Presiden Xi, adalah ajudan utamanya ketika Xi menjadi bos partai di Zhejiang pada awal 2000-an.

Sejak Xi mengambil kendali kepemimpinan China, Li berulang kali mendapat promosi di wilayah timur China, kemudian menjadi ketua partai Shanghai pada 2017.

Jabatan itu secara tradisional menjadi batu loncatan untuk penunjukan politik paling penting di negara itu.

Li akan duduk di posisi perdana menteri China berikutnya walau tanpa pengalaman menjadi wakil perdana menteri seperti hampir semua pendahulunya.

Pengamat China mengatakan langkah itu menunjukkan kesediaan Presiden Xi untuk mengesampingkan norma-norma partai demi mengelilingi dirinya dengan sekutu terdekatnya.

Baca Juga: Sejarah Baru Tercipta, Xi Jinping Akhirnya Jadi Pemimpin China untuk Periode Ketiga

Wakil Perdana Menteri Hu Chunhua, salah satu cendekiawan pilihan utama perdana menteri, dijatuhkan demi Li Qiang. Hu, 59, yang tidak dekat dengan Presiden Xi Jinping, tidak hanya tidak berhasil masuk ke dalam Komite Tetap Politbiro, dia sepenuhnya dikeluarkan dari badan pembuat keputusan utama China, Politbiro, yang beranggotakan 24 orang. (Sumber: Bloomberg)

Wakil Perdana Menteri Hu Chunhua Ditinggalkan

Wakil Perdana Menteri Hu Chunhua, salah satu cendekiawan pilihan utama sebagai pesaing utama untuk jabatan perdana menteri, dijatuhkan demi Li Qiang.

Hu, 59, yang tidak terlihat sangat dekat dengan Presiden Xi Jinping, tidak hanya tidak berhasil masuk ke dalam Komite Tetap Politbiro yang beranggotakan tujuh orang, dia sepenuhnya dikeluarkan dari badan pembuat keputusan utama China, Politbiro, yang beranggotakan 24 orang. Namun, dia tetap di Komite Pusat.

Hu, yang merupakan anak didik mantan presiden Hu Jintao, mendapatkan julukan “Hu Kecil”, pernah dianggap sebagai bintang yang sedang naik daun di dalam partai, menjadi anggota termuda dari 25 Politbiro sebelumnya.

Dia meroket melalui jajaran Liga Pemuda Komunis yang dipandang sebagai basis kekuatan Hu Jintao dan batu loncatan bagi para pemimpin negara. Kedua Hu tidak memiliki hubungan keluarga.

Sampai saat ini, setiap kongres partai sejak tahun 1982 menghasilkan anggota Fraksi Liga Pemuda Komunis di Komite Tetap Politbiro.

Liga, bagaimanapun, mulai kehilangan dukungan politik sekitar 2016, setelah Presiden Xi mengurangi separuh anggaran tahunannya dan media pemerintah mengecamnya karena elitisme.

Hu Chunhua sebelumnya menjabat sebagai sekretaris partai di wilayah otonomi Mongolia Dalam dan provinsi Guangdong.

Baca Juga: Detik-Detik Eks Presiden China Diseret Keluar Saat Kongres Partai

Presiden China Xi Jinping (kanan) bersama Perdana Menteri Li Keqiang (tengah) dan anggota Komite Tetap Politbiro Wang Yang (kiri) saat upacara penutupan Kongres Partai Komunis China ke-20. Li dan Wang dicopot dan tidak ada di daftar terbaru jajaran pemimpin tertinggi Partai Komunis China dalam kongres pada Sabtu (22/10/2022). (Sumber: Straits Times)

Empat dari Tujuh Pemimpin Puncak Masuki Masa Pensiun

Empat anggota lingkaran kepemimpinan tertinggi China, Komite Tetap Politbiro, dikeluarkan dari susunan baru anggota Komite Sentral yang diumumkan pada penutupan kongres Partai Komunis pada Sabtu.



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x