Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

KCIC Siapkan Damri untuk Hubungkan Stasiun Tegalluar dengan Stasiun Cimekar dan Gedebage

Kompas.tv - 18 September 2023, 10:29 WIB
kcic-siapkan-damri-untuk-hubungkan-stasiun-tegalluar-dengan-stasiun-cimekar-dan-gedebage
Uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung untuk masyarakat sekitar rel yang terdampak proyek pada Minggu (17/9/2023). (Sumber: Instagram @keretacepat_id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

KAB. BANDUNG, KOMPAS.TV- PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) bekerja sama dengan Perum Damri untuk menyediakan shuttle bus bagi para penumpang yang turun di Stasiun Kereta Api Cimekar dan Gedebage.

Dengan adanya shuttle Damri, para penumpang akan dengan mudah mengakses Stasiun KA Cepat Tegalluar dan sebaliknya. 

“Jika ingin menggunakan KA Cepat, nanti dari Stasiun Cimekar dan juga Stasiun Gedebage akan ada shuttle bus,” kata General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa kepada wartawan saat uji coba KCJB, di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (17/9/2023). 

KCIC memang sudah memulai uji coba kereta cepat sejak Jumat (15/9) bagi warga sekitar proyek KCJB dan untuk masyarakat umum mulai hari ini, Senin (18/9). Uji coba akan berlangsung sampai 30 September. 

Baca Juga: Wapres di China: Dari Dulu Sudah Ada Perintah "Carilah Ilmu Walau Sampai ke China"

Selain kelancaran operasional kereta dan fasilitas di stasiun, konektivitas para penumpang dari stasiun KA cepat dengan transportasi umum lainnya juga jadi perhatian. 

“Kita memastikan selalu aksesibilitas ini merupakan salah satu poin utama yang sangat penting untuk operasional KA Cepat, karena bagaimana pengguna jasa ini bisa dengan mudah mencapai Stasiun KA Cepat,” ujar Eva. 

Ia menerangkan, bagi masyarakat yang ingin menuju pusat Kota Bandung, dapat memanfaatkan fasilitas shuttle bus Damri. 

Penumpang cukup turun di stasiun KA Cepat Tegalluar dan beralih menggunakan shuttle bus, kemudian akan diantar menuju Stasiun Cimekar maupun Stasiun Gedebage.

Baca Juga: Syarat dan Ketentuan Uji Coba Kereta Cepat, Bukti Registrasi Tak Boleh Dipindahtangankan

Eva menambahkan, KCIC juga terus menyempurnakan aksesibilitas penunjang jalan di area Stasiun Tegalluar. Seperti dengan membuka akses tol yang dekat dengan stasiun KA cepat. 

Hingga saat ini pihaknya terus berkoordinasi bersama Jasa Marga untuk mendukung aksesibilitas penunjang lainnya yakni pembukaan akses Tol KM 151 A dan 151 B yang akan dibuka dalam waktu dekat ini.

“Sejumlah area lainnya itu bisa langsung melalui akses Jembatan Cibiru yang sudah kita buka dan juga dengan kerjasama bersama Jasa Marga akses tol di KM 149 juga sudah dibuka ya saat ini,” tuturnya. 

“Selanjutnya yang sedang proses pengerjaan, akses tol KM 151 A dan 151 B itu yang mengarah ke Jakarta dan juga yang mengarah ke Cileunyi sedang dalam proses dan akan dibuka dalam waktu dekat,” katanya. 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x