Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Uji Coba TransJakarta Masuk Bandara Soetta Mulai 4 Juli, dari Kalideres Jalan Jam 07.30 WIB

Kompas.tv - 30 Juni 2023, 10:57 WIB
uji-coba-transjakarta-masuk-bandara-soetta-mulai-4-juli-dari-kalideres-jalan-jam-07-30-wib
Uji coba bus TransJakarta rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta) akan dilakukan mulai 4 Juli 2023. Jam keberangkatan pertama adalah pukul 07.30 WIB dari Terminal Kalideres. (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Uji coba bus TransJakarta rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta) akan dilakukan mulai 4 Juli 2023. Jam keberangkatan pertama adalah pukul 07.30 WIB dari Terminal Kalideres.  

"Direncanakan (uji coba TransJakarta) tanggal 4 Juli dari Kalideres ke Bandara Soetta. Kita akan laksanakan uji coba itu pukul 07.30 WIB (selama sebulan)," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (29/6/2023). 

Selama uji coba, Syafrin menyebutkan, penumpang bus tak dikenakan tarif (gratis). Tapi setelah beroperasi secara resmi, tarif yang dikenakan Rp3.500 seperti TransJakarta pada umumnya. 

Baca Juga: Naik TransJakarta dari Kalideres ke Bandara Soetta Bakal Gratis Sebulan, Mulai 4 Juli 2023

Bus rute bandara ini berangkat dari Terminal Kalideres, Jakarta Barat, menuju Terminal Kargo dan Kantor Angkasa Pura II di Tangerang, Banten. Saat sudah resmi beroperasi, keberangkatan pertama adalah pukul 06.00 WIB. 

 "Rencana ada dua waktu layanan, pertama pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB. Lalu kedua pukul 18.00 WIB sampai 21.00 WIB," ujarnya. 

Adapun waktu tempuh dari Kalideres ke Bandara Soetta diperkirakan maksimal 45 menit untuk sekali perjalanan sehingga membutuhkan waktu 90 menit saat pulang-pergi.

"Tentu nanti ada beberapa bus stop yang kita siapkan di lintasan. Karena kan tidak masuk tol. Tipe TransJakarta akan gunakan 'lower deck' (dek rendah)," ucapnya. 

Baca Juga: Daftar 13 Koridor Angkutan Malam Hari (AMARI) TransJakarta, Beroperasi Pukul 22.00-05.00 WIB

Ia berharap, dengan adanya uji coba bus TransJakarta ini, pihaknya memperoleh gambaran utuh mencakup karakteristik perjalanan penumpang hingga operasional.

"Kemudian karakteristik operasionalnya, besaran tarif, nanti akan ditentukan. Sementara akan uji coba diterapkan selama 20 menit. Nanti saat implementasi akan 10 menit," tuturnya. 

Rute Kalideres-Bandara Soetta ini akan dilayani oleh 5 unit bus TransJakarta jenis lower deck (dek rendah).

Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen mengatakan, rentang waktu kedatangan antara bus yang satu dengan bus yang lain (headway) ditentukan sebanyak 20 menit.

"Jadi nanti (bus) tidak datang bersamaan. Supaya tidak ada kekosongan di armada, di terminal, perlu dibuat jadwal antara yang pertama, yang kedua dan ketiga," katanya.

Baca Juga: TransJakarta yang Masuk Bandara Soetta Bisa untuk Masyarakat Umum, Tarifnya Tetap Rp3.500

Untuk kapasitas satu bus, menurut Revi, bisa menampung sebanyak 60-80 orang.

"Jadi headway antara armada pertama, kedua dan ketiga itu diatur selama 20 menit," kata Revi.

 Dengan demikian, kata Revi, tidak terjadi penumpukan keberangkatan maupun kedatangan di bandara. 

"Sehingga nantinya masyarakat yang terlambat tetap mendapatkan pelayanan dari TransJakarta," katanya.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x