Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Ini Bocoran Harga All New Daihatsu Ayla, Toyota Masih Hitung Harga Agya GR Sport

Kompas.tv - 20 Februari 2023, 12:17 WIB
ini-bocoran-harga-all-new-daihatsu-ayla-toyota-masih-hitung-harga-agya-gr-sport
All New Ayla yang baru saja diluncurkan PT Toyota Astra Motor beberapa waktu lalu. (Sumber: kompas.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - All New Daihatsu Ayla baru saja diperkenalkan ke publik beberapa waktu lalu, namun belum dijual secara resmi di Indonesia. Meski begitu, kehadiran mobil Low Cost Green Car (LCGC) dari Daihatsu ini menarik perhatian masyarakat dan banyak yang penasaran, berapa harga mobil tersebut.

Ada lima kode model mobil dari Daihatsu yang terdaftar di samsat-pkb.jakarta.go.id, yang diduga merupakan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Ayla generasi terbaru.

NJKB merupakan harga dasar yang tercantum dalam perhitungan STNK alias nilai resmi pasar yang diakui negara. Harga ini belum termasuk berbagai pajak dan profit tambahan merek, tapi sekilas bisa jadi acuan.

Berikut NJKB All New Ayla terbaru:

  • A350RS-GBDEJ1.0X CVT Rp 107.000.00
  • A350RS-GMDEJ1.0X MT Rp 99.000.000
  • A350RS-GMREJ1.0M MT Rp 82.000.000
  • A351 RS-GBNFJ1.2R CVT Rp 114.000.000
  • A351RS-GMNFJ1.2R MT Rp 108.000.000

All New Ayla menawarkan perubahan dari sisi eksterior, interior hingga mesin dibanding seri pendahulunya. All New Ayla juga menggunakan transmisi yang baru.

Baca Juga: Link, Harga dan Cara Pesan Tiket IIMS 2023, Hari Minggu Dibuka Mulai Pukul 10.00 WIB

Transmisi tersebut adalah Dual Mode Continuously Variable Transmission (D-CVT). Transmisi tersebut dikembangkan oleh Daihatsu dan sudah disematkan pada beberapa model, seperti All New Xenia, Rocky, dan All New Sirion. Pada bagian tuas transmisi, tidak jauh berbeda dengan transmisi otomatis konvensional.

Perbedaannya, adalah pada tuas transmisi D-CVT, dibekali dengan posisi S (Sport). Fungsinya adalah untuk mendapatkan akselerasi lebih tinggi. Posisi S bisa dipakai saat hendak menyalip kendaraan di depan.  


 

Selain All New Ayla dari Daihatsu, di tahun 2023 ini PT Toyota Astra Motor (TAM) juga memperkenalkan All New Agya dan Agya GR Sport. Untuk model yang terakhir disebut, saat ini sudah tidak masuk dalam segmen LCGC.

Pihak TAM pun masih menghitung harga jual Agya GR Sport. Sedangkan untuk All New Agya, pihak Toyota akan mengikuti aturan soal ketentuan harga LCGC.

Baca Juga: Promo di IIMS 2023, Mulai dari Motor Listrik Polytron, Honda, Wuling, Sampai Adira Finance

"Sebenarnya secara spesifikasi sudah kita lakukan di world premiere kemarin walaupun belum detil. Tidak akan lama lagi, persiapannya sudah final," kata Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy kepada Kompas.com.

"LCGC rasanya tinggal melihat aturan saja, tak mungkin (harganya) melebihi ketentuan. Tinggal yang non-LCGC saja kita masih hitung harga terbaiknya karena belum final ya. Tentunya, akan kompetitif," ujarnya.

Pesaing terdekat Agya GR Sport adalah Honda Brio RS. Sehingga kemungkinan produk Toyota itu akan dijual di kisaran Rp 200 juta sampai Rp 250 jutaan. Namun Anton belum bisa memastikan.

Ia pun menjelaskan mengapa akhirnya mengeluarkan varian Agya itu ke luar dari kelas LCGC. Yakni karena adanya permintaan pasar akan adanya kehadiran mobil murah tapi juga berperforma.

"Selama ini juga konsumen kalau mau beli hatchback, dari Agya ke Yaris cukup jauh gap nya. Jadi saya rasa, ini good opportunity, apalagi sudah dapat dukungan prinsipal untuk bisa menghadirkan versi GR Sport," tutur Anton.

Baca Juga: Jokowi Reuni dengan Esemka di IIMS 2023, Sebut Mobil Listrik Bima Bagus karena Multiguna

"Jadi tidak hanya kosmetik, tetapi benar-benar dari suspensi, steering, bagus sekali ada penyesuaian. Kalau kita bandingkan GR Sport dengan yang biasa, performanya akan terasa berbeda, gaya berkendaranya. Saya harap produk ini bisa memenuhi ekspektasi konsumen," ujarnya.

Diberitakan Kompas TV sebelumnya, TAM secara resmi memperkenalkan Toyota All New Agya dan Toyota Agya GR Sport untuk pasar Indonesia dengan  pembaruan pada mesin.



Sumber : Kompas.com, Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x