Kompas TV nasional peristiwa

Soal Sanksi Dua Gubernur yang Tolak Timnas Israel di Piala Dunia U-20, Jokowi: Ini Negara Demokrasi

Kompas.tv - 31 Maret 2023, 11:08 WIB
soal-sanksi-dua-gubernur-yang-tolak-timnas-israel-di-piala-dunia-u-20-jokowi-ini-negara-demokrasi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi pertanyaan wartawan terkait perbedaan sikap dua gubernur yang menolak Timnas Israel bermain di Piala Dunia U-20, Jumat (31/3/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

BOGOR, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi pertanyaan wartawan terkait kemungkinan ada sanksi terhadap dua gubernur yang berbeda sikap dengan pemerintah pusat mengenai Tim Nasional (Timnas) sepakbola Israel di ajang Piala Dunia U-20.

"Ini negara demokrasi," jawab Presiden Jokowi saat ditanya wartawan apakah akan ada sanksi terhadap dua gubernur yang menolak keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20, Jumat (31/3/2023).

Ia menyebut, dirinya sudah pernah melarang anak buahnya itu untuk memisahkan persoalan politik dengan olahraga.

"Sudah saya sampaikan, jangan dicampuradukkan, ada wilayah politik, ada wilayah olahraga," jelasnya di Bogor, Jawa Barat dipantau dari Breaking News Kompas TV.

Sebagaimana telah diberitakan KOMPAS.TV, dua gubernur, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster, menolak kehadiran Timnas Israel di Indonesia yang sebelumnya terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Baca Juga: Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Ibas: Pemerintah Harus Pulihkan Nama Baik Negara

Kini, Ganjar dan Wayan menjadi sorotan publik usai FIFA secara resmi batal menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Kamis (29/3) malam.

Pada  14 Maret 2023, Wayan Koster mengirim surat resmi penolakan Isreal bernomor T.00.426/11470/SEKRET.

"Kami mohon agar Bapak Menteri mengambil kebijakan untuk melarang Tim dari Negara Israel ikut bertanding di Provinsi Bali. Kami, Pemerintah Provinsi Bali menyatakan menolak keikutsertaan Tim dari Negara Israel untuk bertanding di Provinsi Bali," bunyi isi surat tersebut. 

Terkait hal tersebut, Wayan menyebut sikap penolakan Israel bukan pribadi, melainkan sikap pemerintah. 

“Duh, bukan sikap saya, (tapi) sikap pemerintah juga,” katanya saat ditemui di Gedung DPR-RI, Jakarta, Senin (27/3).

Baca Juga: Saat Wayan Koster, Ganjar dan PDI-P Kini Kecewa FIFA Copot Indonesia jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20

Senada, Ganjar juga memberikan pernyataan yang menolak kehadiran Timnas Israel di Tanah Air dalam rangka mengikuti pertandingan sepakbola internasional itu.

“Kita sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non Blok maupun dalam Conference of the New Emerging Forces," kata Ganjar, Kamis (23/3).

“Saya berharap agar diupayakan langkah-langkah terobosan bersama, tanpa kehadiran Israel," imbuhnya.

Akibat sikap dan pernyataan Wayan dan Ganjar tersebut, kini akun media sosial keduanya dibanjiri kritik dan kekecewaan dari netizen.

Baca Juga: Ganjar dan Koster Diserang Netizen terkait Piala Dunia U20, PDIP: Seluruh Serangan Kami Baca


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x