Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Tampil Makin Percaya Diri, Ini 5 Cara Mencegah Stretch Mark

Kompas.tv - 26 April 2024, 14:02 WIB
tampil-makin-percaya-diri-ini-5-cara-mencegah-stretch-mark
Ilustrasi. Stretch mark adalah garis atau guratan pada kulit yang muncul ketika tubuh berkembang lebih cepat daripada pertumbuhan kulit. (Sumber: diana.grytsku on Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Stretch mark adalah garis atau guratan pada kulit tubuh. Semula, guratan ini  biasanya memiliki warna merah muda, ungu, dan merah, kemudian berubah warna menjadi kelabu atau putih.

Stretch mark umumnya tidak berbahaya secara medis, tetapi dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Stretch mark muncul ketika tubuh berkembang lebih cepat daripada pertumbuhan kulit. 

Secara medis, garis ini muncul karena rusaknya jaringan elastis pada lapisan kulit dalam, yang muncul dengan peradangan. Kondisi ini pada akhirnya menimbulkan bekas luka yang terlihat pada kulit bagian terluar.

Dilansir Healthline, ini 5 cara mencegah munculnya stretch mark.

Baca Juga: Apa yang Menyebabkan Stretch Mark pada Kulit?

5 Cara Mencegah Munculnya Stretch Mark

1. Menjaga berat badan

Salah satu penyebab stretch mark adalah berat badan yang naik atau turun secara drastis. Oleh karena itu, seseorang perlu menjaga berat badan idealnya tetap konstan. 

Apabila tengah menjalani program menurunkan atau menaikkan berat badan, disarankan untuk melakukannya secara sehat dan bertahap.

2. Hindari kafein

Kafein disebut bisa meningkatkan risiko munculnya stretch mark di kulit saat hamil. Konsumsi kafein selama hamil tidak dilarang, tapi perlu dibatasi. 

Bila ibu hamil memilih konsumsi kafein saat hamil, sebaiknya diimbangi dengan asupan air mineral yang cukup.

3. Penuhi kebutuhan cairan

Cara mencegah stretch mark lainnya adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Sebab, kulit yang mendapatkan hidrasi dengan baik, berisiko lebih kecil mengalami stretch mark ketimbang kulit yang kering. 

4. Gunakan minyak zaitun

Minyak zaitun juga dapat mencegah munculnya stretch mark. Minyak jenis ini memiliki efek yang baik untuk melembapkan kulit.

Minyak zaitun juga cukup aman untuk ibu hamil karena jarang yang mengalami iritasi atau alergi akibat minyak zaitun.

Baca Juga: Marshanda Foto Pakai Bikini Tunjukkan Stretch Mark, Ini Reaksi Netizen

5. Pakai produk kecantikan dengan kandungan ceramide

Produk kecantikan yang mengandung ceramide juga rekomendasikan untuk mencegah stretch mark. Ceramide adalah molekul lipid atau lemak yang berperan penting dalam struktur dan fungsi pelindung kulit.

Ceramide membentuk sekitar 50 persen lapisan kulit terluar (epidermis) dan memiliki kemampuan untuk mengikat air, sehingga dapat membantu menjaga kelembapan kulit.


 



Sumber : Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x