Kompas TV nasional politik

Saat Wayan Koster, Ganjar dan PDI-P Kini Kecewa FIFA Copot Indonesia jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20

Kompas.tv - 31 Maret 2023, 06:23 WIB
saat-wayan-koster-ganjar-dan-pdi-p-kini-kecewa-fifa-copot-indonesia-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-u20
Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo disorot imbas Indonesia Batal Host Piala Dunia U20 (Sumber: Kolase Tribunnews)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah pihak yang menentang kedatangan Timnas Israel dan bermain di Piala Dunia U20 kini beramai-ramai mengaku kecewa. Kekecewaan itu imbas keputusan FIFA yang secara resmi mencopot Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023. 

Gubernur Wali, I Wayan Koster, misalnya yang bersuara soal penolakan Timnas Israel dan berkirim surat terkait hal itu mengaku, tidak menyangka Indonesia resmi dicoret FIFA

"Sebagai pecinta bola, Saya sebagai Gubernur Bali sesungguhnya sangat mengharapkan Kejuaraan Dunia FIFA U-20 juga dilaksanakan di Bali," kata Koster, Kamis, dilansir dari pemberitaan Kompas TV. 

Baca Juga: Pemain U20 Asal Bali ke Gubernur Koster: Saya Malu, Hanya Ingin Main Bola, Kenapa Dicampur Politik?

Namun Piala Dunia U20 ini, kata dia, tidak bisa dipisahkan dari prinsip kemanusiaan, sebagaimana diamanatkan oleh konstitusi dan Bung Karno.

"Oleh karena itu, Saya juga tidak berharap atas keputusan FIFA yang membatalkan Kejuaraan Dunia FIFA U-20 di Indonesia, meskipun Pemerintah Pusat telah berupaya keras melakukan komunikasi dengan Presiden FIFA," tandas politikus PDI Perjuangan (PDI-P) ini.

Senada dengan Gubernur Bali, Gubernur Jawa Tengah, bahkan kecewa berat Piala Dunia U20 batal digelar di Indonesia.

"Ya kecewalah, kita sudah siapkan sejak awal kok, kan tinggal beberapa catatan saja yang bisa kita lakukan,” kata Ganjar dalam keterangannya, di Semarang, Kamis (30/3).

Baca Juga: Tangis Menggema di Ruang Timnas U20 di Jakarta, Asisten Shin Tae-yong Tertunduk Lesu

PDI-P pun ikut sedih

Adapun partai yang menaungi Ganjar Pranowo dan Wayan Koster, yakni PDI-P juga mengaku kecewa bahkan sedih dengan keputusan FIFA mencopot Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20.

Sekjen DPP PDI-P Hasto Kristiyanto menyebut, pihaknya menyesalkan FIFA yang memilih mencoret Indonesia. 

Ia juga menyebut, partainya menolak Timnas Israel bukan menolak Piala Dunia U20 di Indonesia. 

"Kami sangat menyesalkan dan bersedih bahwa akhirnya FIFA membatalkan status tuan rumah Piala Dunia U-20. Ini tentu menjadi pelajaran berharga," kata Hasto dalam keterangan tertulis, Kamis (30/3).

"Sikap yang kami sampaikan sejak awal, tidak pernah menolak Piala Dunia U-20 digelar di Indonesia," jelas Hasto.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x