Kompas TV nasional sosial

Bipang Ambawang Banjir Pesanan, Usai Disebut Presiden Jokowi

Kompas.tv - 10 Mei 2021, 17:25 WIB
bipang-ambawang-banjir-pesanan-usai-disebut-presiden-jokowi
Sajian Bipang Ambawang (Sumber: TRIBUNPONTIANAK.CO.ID)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

KUBU RAYA, KOMPAS.TV - Usai disebut oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi beberapa waktu lalu, Restoran Bipang Ambawang kini kebanjiran pesanan.

Pemilik restoran Bipang Ambawang, Juniarto mengungkapkan permintaan akan menu olahan babi panggang khas Kalimantan Barat tersebut meningkat hingga lebih dari 100 persen.

Baca Juga: Giliran Khofifah Promosikan Bipang Jangkar: Halal, Selalu Disuguhkan Saat Pengajian

“Tapi tidak semua permintaan bisa kami penuhi karena tungku kami terbatas,” tutur Juniarto kepada media, Senin (10/5/2021).

Menurut penuturan Juniarto, rumah makan yang bertempat di Jalan Trans Kalimantan KM 23, Kubu Raya tersebut hanya memiliki 12 tungku untuk menunjang produksi tiap harinya.

Ditambah lagi, proses memasak babi panggang membutuhkan waktu lebih dari sembilan jam, yang berarti jumlah babi panggang yang dapat diproduksi untuk satu hari pun tak lebih dari 12 ekor.

Baca Juga: Pengakuan Pemilik Bipang Ambawang Usai Viral di Sebut Jokowi

Selain itu, faktor lain yang tak kalah penting dan membuat Juniarto tak sanggup menerima semua pesanan adalah keterbatasan bahan baku.

Bahan utamanya tidak boleh sembarang dibeli di pasar, sehingga digunakanlah babi kampung muda berusia tiga hingga lima bulan yang diambil langsung dari peternakan warga setempat.

“Kami menjaga kualitas, jadi benar-benar menggunakan babi kampung yang dipelihara warga,” ujarnya.

Baca Juga: Soal Ajakan Jokowi Beli Bipang Babi Panggang, Ngabalin: Salahnya di Mana?

Sebelum disebut oleh Presiden Jokowi, Juniarto mengaku rumah makannya hanya mendapat pesanan maksimal tiga sampai empat ekor.

Pelanggan Bipang Ambawang pun tak hanya dari Kalimantan Barat saja, namun sudah tersebar hingga Jakarta dan Papua Barat yang memesannya dalam bentuk kemasan dingin atau frozen.

Adapun untuk harganya, saat ini Bipang Ambawanga dibanderol Rp55.000 per porsi, sudah termasuk nasi dan sayur. 

Baca Juga: Penampakan Bipang Ambawang yang Disampaikan dalam Pidato Presiden Jokowi

Namun, apabila hendak membeli olahan babi panggang utuh satu ekor, Restoran Bipang Ambawang pun menyediakannya dengan harga Rp1,6 juta untuk berat 16 hingga 17 kilogram.

"Menu ini hanya bisa disantap di tempat dan dapat dinikmati oleh 20 hingga 25 orang. Sudah termasuk lauk, lalapan, nasi, dan minum,” ujar Juniarto.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x