Kompas TV klik360 cerita indonesia

Penampakan Bipang Ambawang yang Disampaikan dalam Pidato Presiden Jokowi

Minggu, 9 Mei 2021 | 02:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Babi panggang (Bipang) Ambawang adalah kuliner khas Kalimantan Barat.

Mengutip akun Instagram @bipangambawang, masakan ini berasal dari Kecamatan Sui Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Kuliner ini dibuat dari babi kampung muda berusia 3-5 bulan. Babi kampung muda yang sudah dibersihkan lalu dibumbui untuk kemudian dipanggang secara tradisional menggunakan arang.

Lama pemanggangan yang memakan waktu 10 hingga 12 jam, membuat berat daging babi kampung yang awalnya 10-20 kilogram, menyusut menjadi 3-7 kilogram.

Bipang yang sudah matang kemudian disajikan bersama nasi, sayur lalap, kuah te tow heng, dan sambal. Dua jenis sambal yang dibuat sebagai pelengkap adalah sambal antuha dan sambal kit iu.

Bipang ambawang menjadi bahan perbincangan khalayak, setelah disebut oleh Presiden Joko Widodo dalam pidatonya di Hari Bangga Buatan Indonesia, yang disiarkan secara online di channel Youtube Kementerian Perdagangan, Rabu (5/5/2021).

"Yang rindu kuliner khas daerah atau yang baisanya mudik bawa oleh-oleh tidak perlu ragu pesan secara online yang rindu gudeg Yogja, siomay Bandung, pempek Palembang, bipang Ambawang dan lain-lain tinggal pesan," ucap Presiden.

Setelah viral, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi meemberi klarifikasi beberapa hal terkait pernyataan Jokowi tersebut.

"Berkaitan dengan bipang Ambawang, kita melihat dalam konteks keseluruhan pernyataan bapak Presiden ada dalam video, mengajak masyarakat Indonesia mengajak mencintai dan membeli produk lokal, pernyataan tersebut ditujukan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Yang terdiri dari beragam suku budaya agama, yang memiliki keragaman khas kuliner," terang Lutfi.

Video Editor: Agung Ramdani

Penulis : Aryo bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:19
TIM DAYUNG KAYAK INDONESIA YAKIN LOLOS KUALIFIKASI OLIMPIADE TOKYO   TIM KANADA MUNDUR DARI KUALIFIKASI SENAM OLIMPIADE TOKYO DENGAN ALASAN MASIH ADANYA PANDEMI KORONA   WHO BERI DUKUNGAN BAGI PELAKSANAAN OLIMPIADE TOKYO PADA 23 JULI-8 AGUSTUS 2021   UNI EROPA SEPAKAT TAMBAH 1,8 MILIAR DOSIS VAKSIN BUATAN BIONTECH/PFIZER   PEMUSATAN LATIHAN SEPAK BOLA TIMNAS THAILAND DIHENTIKAN SETELAH 2 PEMAIN PUTRA & 1 PEMAIN PUTRI POSITIF COVID-19   TOTTENHAM HOTSPUR KALAH 1-3 DARI LEEDS UNITED DALAM PEKAN KE-35 LIGA INGGRIS DI STADION ELLAND ROAD   STRIKER ASAL BRASIL, NEYMAR JR, PERPANJANG KONTRAK DI PARIS SAINT-GERMAIN HINGGA 2025   SEBANYAK 40 ORANG MENINGGAL AKIBAT LEDAKAN DI LUAR SEKOLAH DI KABUL, AFGHANISTAN   PAKISTAN HAPUS LIBUR IDUL FITRI GUNA CEGAH LONJAKAN KASUS POSITIF COVID-19   AUSTRALIA TUTUP PERBATASAN DARI PENGUNJUNG ASING HINGGA AWAL 2022   SINGAPURA TINJAU KEMBALI "TRAVEL BUBBLE" DENGAN HONG KONG AKIBAT KENAIKAN KASUS COVID-19   SEBANYAK 56 WARGA PERUMAHAN RSS SIDOKERTO, PATI, JATENG, POSITIF COVID-19   GUBERNUR GANJAR PRANOWO MINTA PENGAWASAN KAPAL ASING MASUK KE JATENG DIPERKETAT   BPTJ MINTA TAMBAHAN PERSONEL UNTUK PENYEKATAN TOL SELAMA LARANGAN MUDIK GUNA CEGAH ANTREAN PANJANG