Kompas TV tekno aplikasi

Instagram Lite Diluncurkan, Scrolling IG Bisa Lebih Hemat Kuota

Kompas.tv - 10 Maret 2021, 19:52 WIB
instagram-lite-diluncurkan-scrolling-ig-bisa-lebih-hemat-kuota
Instagram Lite diluncurkan di 170 negara, akan dirilis global secara berkala dalam beberapa bulan ke depan (Sumber: Instagram)
Penulis : Gempita Surya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Instagram meluncurkan aplikasi versi ringan, Instagram Lite, di 170 negara di seluruh dunia. Sebelumnya di tahun 2018, Instagram Lite pernah dirilis di Play Store, namun ditarik kembali karena saat itu Instagram Lite hanya disebut sebagai "uji coba."

Versi Instagram Lite terbaru pertama kali dirilis di India, dan memiliki fitur-fitur utama untuk mengirim pesan langsung, merekam, mengunggah video atau foto, dan juga Stories.

Baca Juga: Cara Pakai Fitur Live Rooms Instagram, Live Streaming Bisa 4 Orang

Secara umum, tampilan Instagram Lite mirip dengan tampilan ketika mengakses Instagram lewat web dengan beberapa tampilan tambahan.

Dengan ukuran file sebesar 2MB, Instagram Lite tidak memiliki tab Shop atau Belanja di bagian beranda, dan digantikan oleh tab Reels. Perbedaan mencolok dengan versi aplikasi Instagram asli dengan ukuran file instalasi sebesar 30MB.

Dari pantauan Kompas.TV, fitur Reels dari Instagram belum tersedia di Indonesia. Tampilan tab Reels yang ada di beranda akan digantikan oleh tab Activity yang memuat notifikasi di akun masing-masing pengguna Instagram Lite.

Baca Juga: Instagram Ubah Tampilan Baru Stories jadi Mirip TikTok

Instagram Lite dirancang dengan pertimbangan akses terhadap perangkat dengan penyimpanan kecil, atau kondisi jaringan yang tidak stabil.

“Tim kami membuat versi ringan aplikasi kami untuk orang-orang dengan konektivitas rendah atau paket data terbatas karena premis dasar kami adalah tidak meninggalkan siapa pun,” ujar Direktur Manajemen Produk di Facebook Tel Aviv, Tzach Hadar, seperti dikutip dari laman blog resmi Tech@facebook.

Selain itu, Facebook mengonfirmasi bahwa tim dari Tel-Aviv yang mengembangkan Instagram Lite tengah mengerjakan mode gelap atau dark mode pada versi ini. Hal ini dikarenakan tingginya permintaan terhadap opsi mode gelap terutama atas alasan kenyamanan menjelajah aplikasi.

Baca Juga: Kecepatan Internet Indonesia Meningkat, Pengguna Facebook Bekasi Raya Terbanyak Kedua di Dunia

Untuk dapat menggunakan Instagram Lite, Anda dapat mengunduh aplikasinya di Play Store atau melalui link berikut.

Aplikasi ini akan dirilis global secara berkala dalam beberapa bulan ke depan. Saat ini Instagram Lite hanya tersedia untuk platform Android, dan belum ada rencana untuk diadopsi ke platform iOS.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x