Kompas TV tekno aplikasi

Instagram Ubah Tampilan Baru Stories jadi Mirip TikTok

Kompas.tv - 5 Februari 2021, 09:30 WIB
instagram-ubah-tampilan-baru-stories-jadi-mirip-tiktok
Instagram Ubah Tampilan Baru Stories Jadi Mirip TikTok (Sumber: businessinsider.com)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Instagram tengah mengembangkan fitur baru yang dapat membuat tampilan stories berformat vertikal, seperti tampilan TikTok.

Saat ini, pengguna menelusuri Stories melalui ketukan dan dengan cara menggeser horizontal (fitur yang diadopsi Instagram dari Snapchat).

Sementara itu, gesekan vertikal dirasa lebih alami karena merupakan cara pengguna menavigasi sebagian besar web atau aplikasi media sosial, seperti feed Facebook atau beranda YouTube.

Mengubah tampilan Instagram Stories berformat vertikal akan menjadi perubahan penting. Ini berpotensi mengatur pengalihan dari konten yang lebih statis, seperti foto dan postingan feed yang dibagikan ulang yang masih sering mengisi bagian stories saat ini.

Baca Juga: Fleets, Fitur Baru Twitter yang Mirip Instagram Stories

Di sisi lain, dalam tampilan "Story Vertikal", Instagram mungkin akan memprioritaskan postingan video daripada gambar untuk lebih bersaing dengan TikTok.

Saat ini, pembaruan stories itu memang belum di tes kepada pengguna. Tapi mereka telah mengembangkan kode untuk mengubah cara pengguna menikmati stories.

Bocoran soal fitur baru Instagram ini sempat dibagikan oleh seorang pengembang Alessandro Paluzzi. Paluzzi membagikan tangkapan layar di akun Twitter yang menunjukkan opsi Vertical Stories di Instagram.

Baca Juga: Langgar Hak Cipta Lagu, TikTok Digugat Rp13 M

Terdapat tombol besar "Vertical Stories" tampak di layar diikuti oleh keterangan, "sekarang Anda bisa menggulung atas-bawah untuk melihat Stories".

Menurut Paluzzi kepada TechCrunch, fitur ini belum tersedia untuk umum. Ia mendapatkan itu setelah menggali kode Instagram. 

Sebagai informasi, tampilan vertikal sebenarnya sudah diadopsi oleh Reels, fitur baru Instagram yang disebut-sebut juga mirip dengan TikTok.

Baca Juga: Bos Apple Kritik Aplikasi Media Sosial: Terlalu Banyak Kumpulkan Informasi Pribadi

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x