> >

Jangan Berlama-lama di Toilet, Bisa-bisa Didatangin Jin

Beranda islami | 4 Oktober 2021, 15:18 WIB
Interior toilet mewah yang ada di Pasar Modern BSD City, Kota Tangerang Selatan, Banten. (Sumber: Sinarmas Land)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bisa jadi sebagian dari kita gemar berlama-lama di toilet, entah dengan bermain HP maupun dengan membaca. Namun, sebaiknya, jangan terlalu lama di toilet. Selain tidak sehat,  bisa jadi Anda berpotensi untuk didatangi jin atau setan. Kok bisa?

Toilet adalah tempat membung segala kotoran dan najis. Tempat itu adalah salah satu rumah tempat berkumpulnya para jin.

Dalam banyak literatur disebutkan jin bersarang pada beberapa tempat seperti lembah, tempat yang kosong, dan tentu saja area kotor dan najis, termasuk toilet.

Baca Juga: Pak Haji, Toilet, dan Korupsi

Untuk itulah, sebaiknya jangan berlama-lama di toilet. Sebab selain untuk menghindari pelbagai keburukan dari tempat yang kotor, hal itu untuk menghindari dari gangguan-gangguan yang bisa jadi akan muncul ketika berada di ‘tempat mereka’.

Rasulullah bersabda, yang artinya: “Sesungguhnya tempat buang hajat, bisa dihadiri oleh bangsa setan(jin). Maka, jika kalian masuk maka berdoalah,’ALLAHUMMA INI AUDZUBIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITS’" (HR Abu Daud).

Arti doa di atas adalah: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan.

Berdasarkan hadis di atas, dianjurkan untuk tidak berlama-lama berada di toilet sebab Anda berada di tempatnya mereka.

Para ulama menganjurkan untuk menghormati para jin dan berusaha untuk tidak menganggu mereka, agar tentunya balik ke manusia juga. Berdoa adalah salah satu menjaga kita dari gangguan itu.

Jadi, mulai sekarang, jangan berlama-lama di toilet sebab bisa jadi anda berpotensi untuk didatangi para jin maupun setan yang bersiap untuk menggoda atau mungkin menampakkan dirinya. Wallahu a’lam.

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU