> >

Pesawat C-130J Super Hercules dari AS Tiba di Lanud Halim, Ini Spesifikasi dan Kelebihannya

Sosial | 7 Maret 2023, 10:21 WIB
Pesawat C-130J Hercules pesanan Indonesia tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (6/3/2023). (Sumber: Kompas.com/Nirmala Maulana Achmad)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Satu pesawat C-130J Super Hercules baru-baru ini tiba di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Senin (6/3/2023) siang.

Kedatangan pesawat tersebut merupakan hasil dari kerja sama antara Kementerian Pertahanan Indonesia dan Amerika Serikat. Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsdya Agustinus Gustaf Brugman memimpin acara penyambutan pesawat tersebut, yang diiringi oleh tradisi water salute.

Pesawat ini merupakan pesawat transportasi militer berat yang digunakan untuk memindahkan kargo dan personel di seluruh dunia. C-130J Super Hercules dirancang untuk operasi di udara, dengan kemampuan membawa kargo yang sangat besar dan mencapai jarak yang jauh.

Baca Juga: Spesifikasi Tank Leopard 2A6 yang Kabarnya akan Dikirim Jerman dan Sekutu ke Ukraina, Sangat Canggih

“Secara umum mempunyai kelebihan, walaupun bentuknya relatif sama dengan pesawat hercules yang dahulu, tetapi dia (C-130J Super Hercules) mempunyai kelebihan di avionik pesawat yang telah terintegrasi dan engine yang lebih efisien,” ujar Gustaf, Senin (6/3/2023), dikutip dari Kompas.com.

Dikembangkan oleh Lockheed Martin, pesawat ini memiliki daya angkut yang sangat tinggi dan bisa dioperasikan pada berbagai jenis medan.

Setelah kedatangan C-130J Super Hercules yang pertama, Indonesia akan menerima empat pesawat tipe desk 30 secara bertahap hingga awal 2024. Pesawat ini diperkirakan akan menjadi aset yang sangat berharga bagi Indonesia dalam memperkuat kemampuan pertahanannya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Beri Nama Maung buat Ranops Buatan Pindad, Ini Spesifikasinya

Spesifikasi pesawat C-130J Super Hercules

Pesawat C-130J Super Hercules memiliki spesifikasi yang luar biasa. Pesawat ini dilengkapi dengan mesin Rolls-Royce AE 2100D3, dengan kemampuan mengangkut hingga 19.050 kg kargo atau 92 pasukan.

Dikutip dari berbagai sumber, C-130J Super Hercules memiliki panjang 29,8 meter, lebar sayap 40,4 meter, dan tinggi 11,9 meter. Berat kosongnya mencapai 34.000 kg dan maksimum berat lepas landas mencapai 70.300 kg.

Penulis : Danang Suryo Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU