Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Spesifikasi Tank Leopard 2A6 yang Kabarnya akan Dikirim Jerman dan Sekutu ke Ukraina, Sangat Canggih

Rabu, 25 Januari 2023 | 19:54 WIB
spesifikasi-tank-leopard-2a6-yang-kabarnya-akan-dikirim-jerman-dan-sekutu-ke-ukraina-sangat-canggih
Pemerintah Jerman hari Rabu, (25/1/2023) resmi menyetujui pengiriman tank Leopard 2 ke Ukraina, sekaligus memberi izin bagi negara lain untuk mengirimkan tank Leopard 2 mereka ke Ukraina, seperti laporan Associated Press, (25/1/2023). Menurut berbagai laporan, jenis tank Leopard 2 yang akan dikirimkan ke Ukraina adalah dari jenis tercanggih untuk perang lapangan terbuka, yaitu Leopard 2A6. (Sumber: Krauss-Maffei Wegmann)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

BERLIN, KOMPAS.TV - Pemerintah Jerman hari Rabu (25/1/2023) resmi menyetujui pengiriman tank Leopard 2 ke Ukraina, sekaligus memberi izin bagi negara lain untuk mengirimkan tank Leopard 2 mereka ke Ukraina, seperti laporan Associated Press (25/1/2023).

Menurut berbagai laporan, jenis tank Leopard 2 yang akan dikirimkan ke Ukraina adalah dari jenis tercanggih untuk perang lapangan terbuka, yaitu Leopard 2A6. 

Berikut ini spesifikasi dan kecanggihan tank Leopard 2A6, seperti dikutip dari Army Recognition dan pembuat tank tersebut, Kraus-Maffei Wegmann atau KMW.

Tank Leopard 2 A6M punya kemampuan kinerja yang luar biasa berkat kombinasi perlindungan, mobilitas, kemampuan manuver, dan daya tembak yang ideal. 

Kemampuan manuver yang optimal dari Leopard 2 didasarkan pada simbiosis unik antara awak kendaraan dan teknologi mutakhir Jerman. Penyempurnaan berkelanjutan dari pertahanan primer dan sekunder melindungi awak dan mesin itu sendiri dari jenis amunisi dan ancaman terbaru.

Angkatan bersenjata dari 18 negara bergantung pada keunggulan serbaguna tank Leopard 2. Saat ini menurut pembuatnya, Krauss-Maffei Wegmann atau KFW, tank Leopard sudah dibuat sebanyak 3.500 unit dari berbagai varian, digunakan hampir seluruh negara NATO dan non-NATO seperti Indonesia dan Singapura.

Leopard 2A6 adalah salah satu generasi terbaru dari tank tempur utama dari keluarga Leopard Jerman. Leopard 2A6 dikembangkan dan diproduksi berdasarkan tank tempur utama Leopard 2A5. Leopard 2A6 mulai beroperasi dengan tentara Jerman pada tahun 2001.

Baca Juga: Scholz Akhirnya Setuju Kirim Leopard 2 untuk Kiev, Tank Jerman Berlaga Lawan Tank Rusia di Ukraina

Tank Leopard 2A6 sedang stelling tempur. Pemerintah Jerman hari Rabu, (25/1/2023) resmi menyetujui pengiriman tank Leopard 2 ke Ukraina, sekaligus memberi izin bagi negara lain untuk mengirimkan tank Leopard 2 mereka ke Ukraina, seperti laporan Associated Press, (25/1/2023). Menurut berbagai laporan, jenis tank Leopard 2 yang akan dikirimkan ke Ukraina adalah dari jenis tercanggih untuk perang lapangan terbuka, yaitu Leopard 2A6. (Sumber: Krauss-Maffei Wegmann)

Versi pertama tank Leopard 2 diproduksi untuk pertama kalinya pada tahun 1979 dan beroperasi di Austria, Kanada, Chile, Denmark, Finlandia, Jerman, Yunani, Norwegia, Polandia, Portugal, Singapura, Swiss, Swedia, Spanyol, dan Turki. 

Kita dapat dengan mudah mengidentifikasi Leopard 2A6 dibandingkan dengan Leopard 2A5, karena penggunaan meriam Rh 120 L55 untuk Leopard 2A6 yang lebih panjang satu meter dari Rh 120 L44 yang dipasang pada Leopard 2A5. 

Selain perbedaan meriam smoothbore Rheinmetall 120 mm L55 dan beberapa perubahan lainnya, Leopard 2A6M adalah versi 2A6 dengan perlindungan ranjau yang ditingkatkan di bawah sasis, dan beberapa peningkatan internal untuk meningkatkan kemampuan bertahan awak.

Daya tembak superior dijamin oleh meriam 120 mm smoothbore dari Leopard 2A6. Pengembangan meriam L 55, versi persenjataan utama yang lebih kuat dan lebih panjang dan jenis amunisi yang baru dikembangkan, memberikan daya tembus yang lebih baik dan memungkinkan duel tank dengan jarak yang lebih jauh.

Meriam 120mm L55 smoothbore dari Leopard 2A6 menggantikan meriam tank smoothbore 120mm L44 yang lebih pendek pada versi pertama Leopard 2. L55 Smoothbore punya panjang 6,6 m, lebih panjang 1,32m dari pendahulunya, L44 digunakan pada Leopard 2A4 dan Leopard A5. 

Dengan amunisi energi kinetik DM53 yang ditingkatkan, senjata L55 dapat menembak hingga jarak 5.000 m. Dari 42 butir amunisi yang dibawa, 27 disimpan di sebelah kiri pengemudi, 15 di sisi kiri kubah dan dipisahkan dari kompartemen pertempuran oleh pintu yang digerakkan secara elektrik.

Baca Juga: Ukraina Minta Ratusan Leopard 2 untuk Perangi Rusia, Bukan 10-20 Tank Tempur

Peta pengguna tank Leopard 2 jerman per Desember 2022, termasuk Indonesia. Pemerintah Jerman hari Rabu, (25/1/2023) resmi menyetujui pengiriman tank Leopard 2 ke Ukraina, sekaligus memberi izin bagi negara lain untuk mengirimkan tank Leopard 2 mereka ke Ukraina, seperti laporan Associated Press, (25/1/2023). Menurut berbagai laporan, jenis tank Leopard 2 yang akan dikirimkan ke Ukraina adalah dari jenis tercanggih untuk perang lapangan terbuka, yaitu Leopard 2A6. (Sumber: Wikipedia)

Senapan mesin Rheinmetall MG3 7,62 mm dipasang secara koaksial di sebelah kiri persenjataan utama dan senjata serupa dapat dipasang di palka pemuat. 

Penembak dilengkapi penglihatan EMES-15 dengan perbesaran ganda yang distabilkan dengan pencari jangkauan laser terintegrasi dan penjejak kamera termal (WBG) yang terhubung ke komputer kontrol tembakan. 

Komputer pengontrol tembakan secara berturut-turut menghitung sudut pandang dan ujung sudut lateral untuk akurasi tembakan. Leopard 2A6 juga dilengkapi dengan laser range finder yang dapat menjangkau target pada jarak maksimum 9.900 m.

Leopard 2A6 digerakkan dengan mesin diesel MTU MB 873, menghasilkan 1.500shp, dengan sistem roda gigi dan rem Renk HSWL 354.

Indonesia membeli 103 tank Leopard 2A4 yang diperbarui dari stok surplus Bundeswehr, bersama dengan 4 Büffel ARV (Bergepanzer), 3 tank jembatan AVLB Leguan (Brückenlegepanzer) dan 3 Kodiak AEV (Pionierpanzer). 

Sekitar 63 dari Leopard 2A4 ditingkatkan ke standar Leopard 2 Revolution oleh Rheinmetall dan sisanya tetap dalam konfigurasi Leopard 2A4 namun disesuaikan dengan iklim tropis Indonesia.

50 kendaraan tempur infanteri Marder 1A3 akan diperoleh sebagai bagian dari kesepakatan.

Leopard 2 dimodifikasi agar sesuai dengan iklim tropis Indonesia, dan secara internal berganti nama menjadi Leopard 2RI.


Sumber : Kompas TV/Krauss-Maffei Wegmann/Army Recognition

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x