> >

Begini Upaya KPK Usut Dugaan Mahasiswa Titipan Unila, Kejar Alat Bukti hingga Kaji Fakta Hukum

Hukum | 1 Desember 2022, 22:19 WIB
Warga melintas di depan Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Kuningan, Jakarta, Senin (6/7/2020). (Sumber: KOMPAS/WAWAN H PRABOWO)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan berbagai upaya untuk mengusut dugaan adanya mahasiswa titipan di Universitas Lampung (Unila).

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan bahwa daftar mahasiswa titipan Unila yang terungkap dalam sidang kasus dugaan suap penerimaan mahasiswa baru Unila dengan terdakwa Andi Desfiandi, baru merupakan informasi saja karena belum didukung dengan alat bukti.

Sidang tersebut berlangsung di Pengadilan Tipikor Tanjungkarang, Bandar Lampung, Lampung pada Rabu (30/11/2022).

“Intinya pembuktian itu, dari seseorang menyampaikan sesuatu itu baru menjadi keterangan dan informasi saja, kecuali kemudian didukung oleh alat bukti lain, dengan saksi yang lain, atau pembuktian alat bukti yang lain,” kata Nurul di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (1/12/2022), seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Zulhas dan 3 Anggota DPR RI Diduga Titip Maba di Unila, KPK Bakal Dalami Kasusnya

Nurul menjelaskan, setelah informasi itu digali melalui bukti dan saksi, maka akan berkembang menjadi fakta hukum. Fakta hukum inilah yang akan didalami oleh penyidik KPK.

Terpisah, Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan bahwa pihaknya sudah memeriksa tujuh saksi untuk menelusuri dugaan pengumpulan uang oleh mantan rektor Unila, Karomani.

Tujuh saksi itu adalah anggota tim TIK UTBK SNMPTN Barat Martinus, Hamdani selaku wiraswasta serta lima pegawai negeri sipil (PNS) masing-masing Sulaemi, Arif Sugiono, Esmail Newawi, Ahmad Sulaiman, dan Nizamuddin.

"Didalami pengetahuannya antara lain masih seputar adanya penerimaan dan pengumpulan uang oleh tersangka KRM melalui orang kepercayaannya agar bisa meluluskan titipan mahasiswa baru dari beberapa pihak," kata Ali Fikri di Jakarta, Kamis.

Baca Juga: Zulkifli Hasan Bantah Keponakannya Daftar di Unila: Tidak Ada, Saya Tidak Kenal Karomani

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Antara/Tribun Lampung


TERBARU