> >

Ketahui Dampak Konsumsi Gula Berlebih pada Kesuburan

Kesehatan | 28 September 2022, 16:05 WIB
Mengonsumsi makanan atau minuman yang manis secara berlebihan bisa menyebabkan berbagai gangguan (Sumber: Shutterstock/aslysun via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mengonsumsi gula berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang berbahaya. Masyarakat diharapkan membatasi konsumsi gula harian agar tidak melebihi batas yang dianjurkan.

Sebab, konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang serius, termasuk masalah fertilitas atau kesuburan.

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan fertilitas, endokrinologi, dan reproduksi RS Pondok Indah-Pondok Indah, Gita Pratama, mengatakan konsumsi gula berlebihan yang dilakukan secara terus-menerus dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko terjadinya obesitas, resistensi insulin, dan diabetes melitus tipe dua.

Diabetes tipe 1 sendiri tidak disebabkan oleh konsumsi gula, namun terjadi karena sistem imun merusak produksi insulin dari pankreas. Sedangkan penyebab diabetes tipe 2 lebih kompleks daripada tipe 1.

Baca Juga: Menkes Ingatkan Masyarakat Kurangi Minuman dan Makanan Manis: Demi Masa Depan Kita

Risiko tersebut apabila terjadi pada perempuan dapat menyebabkan gangguan ovulasi, gangguan haid, dan infertilitas.

”Gangguan ovulasi akan menyebabkan terjadinya gangguan haid dan itu akan menyulitkan terjadinya kehamilan,” kata Gita, dilansir Kompas.id, Selasa (27/9/2022).

Oleh karena itu, Gita mengatakan, makanan yang mengandung kalori tinggi dengan lemak jenuh yang tinggi harus dihindari untuk mencegah terjadinya gangguan pada kesuburan.

 

Selain itu, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menegaskan aturan pencantuman label gizi termasuk kadar gula sudah diatur melalui Permenkes 30 tahun 2013.

Penulis : Dian Septina Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas.id


TERBARU