> >

Uhamka Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT, Kemendikbudristek: PTS Lain Tingkatkan Mutu Pembelajaran

Sosial | 30 Juni 2022, 03:30 WIB
Uhamka meraih akreditasi Unggul yang dikeluarkan BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) bertepatan dengan Wisuda Magister, Sarjana dan Ahli Madya Uhamka Tahun 2022 Gelombang 2 (28/6/2022). (Sumber: Dok Humas Uhamka)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengeluarkan capaian akreditasi unggul bagi universitas di Indonesia.

Untuk kampus swasta, kali ini salah satunya diraih oleh Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka).

"Kami sampaikan sangat bersyukur dan terima kasih atas pencapaian yang telah diraih," ucap Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (29/6/2022).

Akreditasi Unggul adalah capaian tertinggi bagi universitas di Indonesia yang memiliki mutu dan dilakukan penilaian oleh BAN-PT. 

Sebagai informasi, setidaknya terdapat sembilan kriteria visi, misi, tujuan dan sasaran yang menjadi indikator, yakni; tata pamong, tata kelola dan kerjasama, mahasiswa, sumber daya manusia, keuangan, sarana dan prasarana, pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat luaran dan capaian tridharma.

Baca Juga: Uhamka Kembangkan Big Data untuk Evaluasi Waktu Subuh dan Kalender Islam

Prof Gunawan mengatakan, capaian tersebut merupakan hasil kolaborasi dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan sejumlah kepentingan.

Secara kebetulan, pencapaian ini bertepatan dengan Wisuda Magister, Sarjana dan Ahli Madya Uhamka Tahun 2022 Gelombang 2 (28/6/2022) bertajuk "Profethic University untuk Generasi Unggul di Era Digital" di Balai Sidang Jakarta Conventional Center (JCC).

“Alhamdulillah raihan ini diterima pada saat Uhamka melepas Hamka muda (lulusan Uhamka) melanjutkan cita-citanya. Kita mendapat kado istimewa bahwa Uhamka dinyatakan terakreditasi Unggul," katanya. 

"Terima kasih atas doa dan kerja keras bapak-ibu dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan juga semua keluarga besar Uhamka. Semoga Allah membalas kebaikan dan semangat kita semua,” imbuhnya.

Penulis : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU