> >

Menteri Arab Saudi kepada Gus Yahya: Kerajaan Arab Saudi Ibarat Bagian Kepala bagi Tubuh Umat Islam

Kompas dunia | 17 September 2022, 09:47 WIB
Ketum PBNU Gus Yahya bertemu Menteri Urusan Islam, Dakwah dan Penyuluhan Arab Saudi Sheikh Abdul Latif bin Abdul Aziz Al-Sheikh. (Sumber: LTN PBNU )

KAZAKHSTAN, KOMPAS.TV - Menteri Urusan Islam, Dakwah dan Penyuluhan Arab Saudi Sheikh Abdul Latif bin Abdul Aziz Al-Sheikh mengatakan, Kerajaan Saudi ibarat bagian kepala dari tubuh umat Islam di seluruh dunia.

Untuk itu, jika ingin mewujudkan perdamaian dan memerangi ekstremisme, sudah selayaknya Arab Saudi digandeng. 

Hal itu diungkapkan Sheikh Abdul Latif kepada Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya, di Kazakhstan, Jumat (16/9/2022). 

Pertemuan antara keduanya berlangsung di sela-sela Kongres Pemimpin Dunia dan Agama Tradisional yang pertemuan terakhirnya ditutup di ibu kota Kazakhstan, dan dihadiri lebih dari 100 delegasi tokoh dan pemuka agama dari 60 negara di dunia.

Sheikh Abdul Latif menjelaskan kepada Gus Yahya, pemerintah Arab Saudi serius dalam upaya mewujudkan keamanan, perdamaian, dan kepentingan bersama seluruh masyarakat di dunia.

Dia juga memaparkan upaya-upaya yang dilakukan Raja Salman bin Abdulaziz dan Putra Mahkota Muhammad bin Salman dalam melayani umat Islam di dunia serta menjaga dua tanah suci dan orang-orang yang datang ke sana.

Menteri Urusan Islam Arab Saudi itu menekankan, Kerajaan Arab Saudi memerangi terorisme dengan tegas dan serius sebagai bagian dari komitmen Riyadh untuk menyebarkan paham moderasi beragama.

"Kerajaan Arab Saudi ibarat kepala bagi tubuh Islam, menargetkannya berarti menargetkan seluruh umat Islam di dunia," ungkap Sheikh Abdul Latif dalam keterangan tertulis yang diterima KOMPAS.TV, Sabtu (17/9/2022) pagi. 

Baca Juga: Gus Yahya Tegaskan PBNU Larang Politik Identitas: Kami TIdak Mau Memperparah Keadaan

Baca Juga: Undang Pemimpin Agama Dunia di R20 Bali, Gus Yahya: Sambut Satu Abad NU

PBNU Belajar ke Arab Saudi 

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU