Kompas TV video cerita indonesia

Hari Kartini, Masih Relevankah Perempuan Diminta Pilih Keluarga atau Karir?

Kompas.tv - 21 April 2020, 13:56 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tanggal 21 April selalu diperingati sebagai Hari Kartini, hari peringatan bagi perempuan Indonesia untuk meneruskan perjuangan Kartini mengenai emansipasi wanita.

Menurut aktivis perempuan Tunggal Pawestri, perempuan hari ini sudah jauh lebih baik posisinya dibandingkan ratusan tahun silam. Namun, Tunggal mengingatkan, perempuan hari ini bukan tidak memiliki tantangan, karena masih banyak pekerjaan rumah khususnya bagi perempuan Indonesia untuk terus berjuang agar hak-hak mereka terpenuhi secara utuh.

Selain itu, Tunggal menyatakan, saat ini sudah bukan waktunya bagi perempuan untuk memilih antara karir atau keluarga. Tunggal menilai, perempuan Indonesia bisa melakukan keduanya tanpa mengalahkan salah satu peran.

"Sekarang kita sudah lihat kenyataan bahwa perempuan bisa bekerja di semua bidang, dan lagi-lagi ya pertanyaan semacam ini kenapa nggak muncul ke laki-laki ya. Berarti ini kan sudah ada pola pikir bahwa seolah-olah tanggung jawab keluarga hanya ada di perempuan. Pola pikir semacam ini harus didobrak," tambah Tunggal.

Kesetaraan gender adalah isu yang masih harus terus disuarakan oleh perempuan Indonesia. Menurut Tunggal, kekerasan dan diskriminasi masih dirasakan oleh perempuan Indonesia. Berdasarkan catatan Komnas Perempuan, setiap tahunnya selalu ada peningkatan tindak kekerasan terhadap perempuan.

"Kita masih melihat banyaknya kekerasan, dan diskriminasi yang dihadapi oleh perempuan. Catatan Komnas Perempuan menyebutkan, setiap tahun dan tahun ini saja ada peningkatan angka kekerasan terhadap perempuan," ujar Tunggal kepada Kompas.tv.

Baca Juga: Kumpulan Kata-kata Inspiratif RA Kartini Untuk Perempuan Indonesia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x