Kompas TV video vod

Kekuatan Militer Indonesia Berada di Peringkat ke 13 dari 145 Negara

Kompas.tv - 7 Januari 2024, 00:40 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Sektor pertahanan menjadi perhatian khusus karena menyangkut kedaulatan dan banyak menyerap anggaran negara.

Dijabarkan untuk tahun 2024 saja alokasi anggaran untuk Kementerian Pertahanan mencapai Rp 135,44 triliun. Alokasi untuk Kemenhan ini merupakan anggaran kedua terbesar di antara kementerian atau lembaga lain.

Namun anggaran 2024 untuk Kemenhan ini turun Rp8,82 triliun dibanding tahun lalu. Sementara di tahun 2022 anggaran untuk Kemenhan mencapai Rp150,44 triliun, dan 2021 sebanyak Rp125,89 triliun.

Lalu anggaran sebesar ini untuk apa saja? Ya di antaranya seperti untuk program modernisasi alutsista, non-alutsista, dan sarana prasana pertahanan sampai untuk belanja pegawai.

Lalu seberapa kuatnya sektor pertahanan Indonesia? Mengutip situs pemeringkat militer dunia Global Firepower menempatkan kekuatan militer Indonesia berada di peringkat ke 13 dari 145 negara, atau naik 2 peringkat dibanding tahun lalu.

Tapi harus digaris bawahi bahwa rangking ini mempertimbangkan sekitar 60 faktor penentu.

Seperti kecanggihan peralatan, keuangan hingga sumber daya, dan peringkat yang diberikan mengevaluasi militer dari sudut pandang konvensional saja.

Artinya perhitungan ini belum termasuk soal kekuatan sebuah negara melakukan serangan nuklir misalnya.

Baca Juga: KPU Umumkan 11 Panelis Debat Ketiga Pilpres 2024 hingga Jokowi Tak Hadiri HUT PDIP

#militer #pertahanan #indonesia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x