Kompas TV religi beranda islami

3 Peristiwa Bersejarah Umat Islam di Bulan Rajab

Kompas.tv - 8 Februari 2022, 11:10 WIB
3-peristiwa-bersejarah-umat-islam-di-bulan-rajab
Ilutrasi ibadah saat pandemi di di dua masjid suci. Bulan Rajab istimewa bagi umat Islam, ini tiga hal bersejarah di bulan ini (Sumber: Saudi Gazette)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bulan Rajab adalah bulan Istimewa (bulan haram) dalam Islam. Bulan Rajab adalah satu dari empat bulan haram dalam sistem penanggalan Hijriah, kalender Islam yang merujuk para peredaran bulan (qomariyah). 

Tahun ini, bulan Rajab tahun ini 1443 Hijiriah jatuh pada hari Kamis (3/2/2022). Bulan Rajab yang istimewa ini juga termaktub dalam firman Allah di bawah ini: 

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram.Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa. (QS At Taubah [9]:36).

Para ulama menafsirkan empat bulan haram itu, salah satunya adalah bulan Rajab.  Tiga lainnya adalah bulan Dzulqaidah, Dzulhijjah, dan Muharram.

Bulan rajab adalah penanda atau pintu gerbang menuju Ramadan tak lama lagi. Setelah Rajab lantas bulan Sya’ban lalu sampailah ke bulan suci Ramadan yang ditunggu semua umat Islam.

Dalam Islam, bulan Rajab juga menandai momen bersejarah dalam Islam. Paling tidak, ada tiga peristiwa bersejarah di bulan Rajab.

Baca Juga: 3 Amalan di Bulan Rajab agar Berkah dan Umur Dipanjangkan

Tiga Peristiwa Bersejarah di Bulan Rajab

Isra Mikraj

Salah satu momen istimewa yang terjadi di bulan Rajab adalah kejadian yang menimpa Nabi Muhammad SAW pada suatu malam. Kisah itu merupakan mukjizat dan dikenal dengan Isra Mikraj.

Isra Mikrat terjadi  pada 27 Rajab pada tahun ke-10 kenabian, atau 1 tahun sebelum hijrah. Berada di kisaran tahun 620-621 Masehi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x