Kompas TV religi beranda islami

Kenapa Amalan Surat Yasin Dibaca Malam Jumat?

Kompas.tv - 30 Desember 2021, 11:42 WIB
kenapa-amalan-surat-yasin-dibaca-malam-jumat
Ilustrasi Alquran. Kenapa setiap malam jumat dianjurkan baca amalan surat yasin? (Sumber: freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Surat Yasin atau Surah Yasin sering dibaca oleh ketika malam Jumat tiba. Ada banyak sekali keberkahan di dalamnya. Lantas, kenapa dibaca dianjurkan di malam jumat?

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud dijelaskan sebuah salah satu keutamaan amalan surat yasin dibaca saat malam jumat tiba.

Salah satu khasiat amalan yasin, berdasarkan sabda Nabi tersebut, ketika dibaca pada malam jumat adalah, doa-doa kita akan lebih gampang dikabulkan oleh-Nya.

Rasulllah Bersabda: Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.(HR Abu Daud dari al-Habr).

Selain itu, amalan surat yasin akan membuat hati kita tenang. Lebih dari itu, amalan surat yasin bisa juga sebagai hadiah untuk keluarga yang sudah wafat.

Hadiah ini bermakna doa. Doa yang kita panjatkan kepada Allah kepada mereka yang sudah berpulang ke hadira-Nya, agar senantiasa diberikan tempat terbaik di sisi-Nya. 

Baca Juga: Hindari Perbuatan Kecil Seperti Ini, Bisa Menghapus Pahala Salat Jumat

Lantas, apakah amalan surat yasin dibaca saat malam jumat?

Menurut para ulama, membaca surat yasin bisa dilakukan pada tiap malam apa saja, bahkan di waktu apa saja. Kecuali di waktu-waktu yang tidak diperbolehkan, seperti saat hadas besar.

Anda bisa membaca surat Yasin setelah salat Maghrib atau di sela-sela nunggu jam macet tiba.

Bahka, bisa juga membacanya via gawai yang berisikan Al-Qur’an, tinggal klik surat Yasin yang berada dalam surat ke-36 dalam Alquran.

Baca Juga: Waktu Mustajab Berdoa di hari Jumat Agar Keinginan dan Hajat Dikabulkan

Amalan Surat Yasin dan Tradisi Islam di Indonesia

Surat yasin adalah surat ke-36 dalam Al-Qur’an. Surat Yasin ini terdiri dari 83 ayat dan termasuk dalam surat-surat Makkiyah.

Surat yasin tergolong dalam Surat Makkiyah. Jenis surat dalam Al-Qur’an yang diturunkan ketika Nabi Muhammad masih berada di Kota Makkah.

Membaca Surat Yasin menjadi tradisi keagamaan sebagian besar di Indonesia, khususnya di Indonesia yang bermazhab Syafii.

Mulai dari berziarah hingga perayaan-perayaan Islam lain dan surat yasin kerap digunakan untuk doa bersama.

Banyaknya berkah surat Yasin ini membuat surat ini menjadi salah satu surat dalam Al-Qur’an yang paling terkenal.

Seperti sabda Nabi Muhammad, umat Islam yang istikamah membaca surat Yasin ini insyaallah akan mudah terkabul segala hajat dan doanya.

Jadi, sudahkah baca surat Yasin hari ini?




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Politik

Hacked By LocalHos666Tx

26 Mei 2024, 23:50 WIB

Close Ads x