Kompas TV religi beranda islami

Waktu Mustajab Berdoa di hari Jumat Agar Keinginan dan Hajat Dikabulkan

Kompas.tv - 26 November 2021, 09:54 WIB
waktu-mustajab-berdoa-di-hari-jumat-agar-keinginan-dan-hajat-dikabulkan
Ilustrasi orang sedang melaksanakan ibadah salat. Di hari Jumat ada waktu mustajab untuk doa (Sumber: Jim Pave / Unsplash)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jumat adalah hari istimewa dalam Islam. Pada hari ini pula terdapat waktu-waktu mustajab untuk berdoa agar keinginan dan hajat kita dikabulkan oleh-Nya.

Mustajab artinya waktu-waktu yang disarankan untuk berdoa, sebab waktu itu merupakan waktu terbaik bagi Muslim untuk memanjatkan doa dan potensi dikabulkannya besar.

Begitu istimewanya hari Jumat, dalam Alquran terdapat surat khusus tentang hari Jumat. Surat al-jumuah adalah surat ke-16 dalam Alquran, terdiri dari 11 ayat dan termasuk golongan surat Madaniyah (Diturunkan di Medinah).

Perintah untuk memperbanyak ibadah di hari Jumat salah satunya termaktub dalam firman Allah yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu untuk mengingat Allah. (Al-Jumu'ah: 9).

Baca Juga: Perbanyak Zikir Ini di Hari Jumat, Dosa Sebanyak Buih di Lautan Bisa Terhapus

Dalam sebuah hadis Nabi dijelaskan tentang waktu terbaik di hari Jumat untuk memanjatkan doa atau keinginan kepada Allah. Hadis itu diriwayatkan oleh sahabat Nabi Abu Hurairah RA.

“Pada hari itu terdapat waktu yang tidaklah seorang Muslim menemuinya dalam keadaan beribadah seraya ia meminta kepada Allah sesuatu hajat, kecuali Allah mengabulkan permintaannya.' Rasulullah Saw memberi isyarat dengan tangannya bahwa waktu tersebut sangat sebentar," (HR al-Bukhari).

Lantas, kapan waktu terbaik dan mustajab doa?

Begitu istimewanya hari jumat dalam Islam, di waktu ini banyak waktu mustajab. Seperti pagi hari di hari jumat hingga usai salat jumat. Tapi, dua waktu berikut ini dianggap paling mustajab, jadi jangan terlewat.

Baca Juga: Kiamat Bakal Terjadi di Hari Jumat, Bacalah Rutin Doa Rasulullah Ini agar Dosa-dosa Diampuni

Dua Waktu Mustajab Doa di Hari Jumat

Waktu Duduk di antara dua Khutbah

Ketika khutbah duduk di dua khutbah di salat jumat, maka itu merupakan waktu terbaik (mustajab) untuk berdoa. Maka, sebaiknya digunakan sebaik mungkin karena mungkin cuma beberapa menit saja waktu ini terjadi. 

Usai Salat Asar

Hal ini berdasarkan hadis Nabi tentang waktu paling mustajab untuk doa di hari Jumat, waktu itu juga Cuma sebentar, jadi kenapa kita tidak berdoa? 

‘Pada hari Jum’at terdapat dua belas jam (pada siang hari), di antara waktu itu ada waktu yang tidak ada seorang hamba muslim pun memohon sesuatu kepada Allah melainkan Dia akan mengabulkan permintaannya. Oleh karena itu, carilah ia di akhir waktu setelah ‘Ashar.’[HR. Abu Dawud]

Itulah waktu-waktu mustajab di hari Jumat yang sebaiknya dimanfaatkan sebaik mungkin untuk berdoa. Wallahu a'lam.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x