Kompas TV religi beranda islami

Hindari Perbuatan Kecil Seperti Ini, Bisa Menghapus Pahala Salat Jumat

Kompas.tv - 17 Desember 2021, 05:43 WIB
hindari-perbuatan-kecil-seperti-ini-bisa-menghapus-pahala-salat-jumat
Ilustrasi. Mimbar Masjid KH Hasyim Asyry di Daan Mogot, Jakarta. Mimbar ini sebagai kerap dipakai untuk khutbah Jumat. Hari Jumat istimewa alam Islam (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mungkin tidak disadari, tapi ada perbuatan sepele yang bisa menghapus pahala ibadah, khususnya ibadah salat Jumat.

Hal ini berdasarkan sebuah hadis yang diriwayatkan sahabat Abu Hurairah. Rasulullah memberi nasihat agar ketika salat Jumat, khususnya bagi laki-laki, agar saat khutbah Jumat baiknya kita diam saja.

Diam ini berarti, lebih baik mendengarkan khutbah dengan sebaik-baiknya, menyerap pelbagai hikmah yang dibicarakan khatib dan hati senantiasa berzikir.

Rasulullah SAW bersabda, “Jika engkau berkata kepada temanmu ‘diamlah!’ di hari Jumat, dalam keadaan imam sedang khutbah, maka engkau (shalat Jum’atmu) sia-sia.” (HR. Muslim)

Berdasarkan hadis itu, dapat diambil kesimpulan berkata ‘diam’ saja kepada orang lain sudah termasuk perbuatan sia-sia dalam ibadah jumat. Dapat menghapus pahala salat Jumat.

Apalagi jika kita berbicara saat khutbah Jumat, tentu saja akan lebih sia-sia lagi ibadah yang sudah kita kerjakan di hari jumat ini.

Baca Juga: Melebur Dosa-Dosa, Inilah Doa Jumat yang Sering Dibaca Rasulullah

Nasihat Rasulullah soal Diam di Hari Jumat

Dalam hadis lain juga disebutkan, Rasululllah mengingatkan para sahabat untuk tidak saling bicara ketika khutbah jumat. Menggantinya dengan sesuatu yang lebih berguna, seperti khusyuk mendengarkan isi khutbah dari khatib.

Rasulullah pun memberi analogi, mereka yang lebih memilih untuk tidak ‘berdiam diri’ ketika salat Jumat dengan istilah keledai yang menggendong bawaan. Sebuah analogi tentang kesia-kesiaan.

“Siapa yang berbicara di hari jumat ketika imam sedang khutbah, maka dia seperti keledai yang menggendong barang bawaan. Sementara orang yang mengatakan ‘Diam’ maka tidak ada jumatan baginya.” (HR. Ahmad).

Itulah perbuatan sepele yang bisa jadi tidak disadari. Perbuatan yang ternyata bisa mengapus pahala ibadah salat jumat kita.  Sungguh merugi. 

Wallahu a’lam.

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x