Kompas TV regional berita daerah
advertorial

Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah Menerima kunjungan Kerja Pj Gubernur Sumsel H Agus Fatoni

Kompas.tv - 26 Mei 2024, 23:10 WIB
pj-bupati-oku-h-teddy-meilwansyah-menerima-kunjungan-kerja-pj-gubernur-sumsel-h-agus-fatoni
Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah saat mendampingi Pj Gubernur Sumsel H Agus Fatoni, melihat lokasi terdampak banjir di Kabupaten OKU. (Sumber: Protokol & Komunikasi Pimpinan Pemkab OKU)
Penulis : KompasTV Palembang

OKU, KOMPAS.TV - Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah menerima kunjungan kerja Pj Gubernur Sumsel H Agus Fatoni, dalam rangka penyerahan bantuan bencana banjir di Kabupaten OKU, bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati OKU, Sabtu (25/05/2024).

Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah dalam laporannya menyampaikan bahwa bencana banjir Ini adalah yang kedua kalinya. Bencana yang pertama terjadi pada tanggal 7 Mei 2024, selanjutnya yang kedua terjadi pada tanggal 22 Mei 2024.

Berdasarkan sumber dari BMKG Provinsi Sumatera Selatan, penyebab kejadian banjir di wilayah kabupaten OKU disebabkan adanya daerah pertemuan angin konvergensi di bagian Sumatera Selatan bagian barat yang menyebabkan adanya penumpukan masa udara dan membentuk awan-awan konvektif atau awan penghujan dengan kelembaban udara yang cukup tinggi.

Tercatat, wilayah yang terdampak sebanyak 9 kecamatan dan jumlah desa kurang lebih 72 desa atau kelurahan. Rumah yang terdampak atau terendam kurang lebih 10.816 unit rumah dengan rumah rusak berat kurang lebih 90 unit rumah serta fasilitas umum lainnya.

Langkah penanganan bencana yang kami lakukan bersama rekan-rekan Forkopimda dan OPD terkait serta seluruh pihak adalah melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak, pemantauan terhadap Cuaca dan mendistribusikan peringatan dini ke masyarakat di Kabupaten OKU. Instansi terkait lainnya melanjutkan aktivitas dapur umum khusus kesehatan dan pengungsian. Media center penanganan bencana banjir, posko layanan pendidikan dan kependudukan capil. Dinas pendidikan dan capil disiapkan bagi masyarakat ataupun anak-anak pelajar kita yang ijazah atau rapornya hilang atau rusak. Jadi mereka bisa melapor ke sini untuk melakukan pergantian atau dibuatkan surat keterangan lainnya.

"Kami atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten OKU mengucapkan Terima kasih atas kepedulian, perhatian, dukungan dan bantuan dari Bapak Gubernur pada kami mulai dari sejak bencana banjir pertama sampai dengan banjir kedua yang tidak henti-hentinya mengirimkan bantuan kepada kami melalui OPD terkait Provinsi Sumatera Selatan," ucapnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemprov Sumsel dan masyarakat Provinsi Sumsel turut berduka atas bencana banjir yang terjadi di Kabupaten OKU, dan mudah-mudahan ini dapat berakhir serta dapat kita tangani bersama.

"Sejak awal bencana pertama, kami Pemprov Sumsel yang didukung oleh berbagai pihak terus memberikan bantuan, hal ini sebagai bentuk atensi dan wujud kebersamaan kita sesama masyarakat di Provinsi Sumsel untuk bahu membahu meringankan masyarakat di Kabupaten OKU pasca bencana banjir yang terjadi," pungkasnya.

Lanjut ditambahkannya, dirinya juga telah melakukan kajian bersama Pemerintah Kabupaten dan Pusat, untuk bersama-sama melihat apa yang menjadi penyebab terjadinya bencana ini. Dan bapak Mendagri memerintahkan kepada kami agar dapat dikaji dan diteliti penyebabnya kemudian disiapkan langkah-langkah baik itu jangka pendek, menengah, dan panjang. Sehingga banjir dan bencana yang lainnya bukan hanya bisa kita atasi pada saat kejadian saja tetapi kita dapat mitigasi, tangani, dan antisipasi sebelum kejadian.

"Kami juga akan membangun jembatan yang putus yaitu jembatan pipa negeri ratu, dan akan dibangun menggunakan bantuan gubernur (Bangub)," imbuhnya.

Turut hadir Asisten I Pemprov Sumsel, OPD terkait Sumsel, Forkopimda Kab.OKU, OPD terkait OKU, dan tamu undangan lainnya.



Sumber : Kompas TV Palembang



BERITA LAINNYA



Close Ads x