Kompas TV regional berita daerah

Tingkatkan Dunia Pendidikan di Kota Besar, Binmas Masale Dirikan "Rumah Cerdas"

Kompas.tv - 16 Juni 2020, 10:09 WIB
tingkatkan-dunia-pendidikan-di-kota-besar-binmas-masale-dirikan-rumah-cerdas
Bripka Muhammad Rais mengatakan jika program rumah cerdas ini ia rintis dengan lurah masale dikarenakan banyaknya anak jalanan yang buta huruf (Sumber: Polsek Panakukang Makassar)
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS TV -  Memiliki misi tidak hanya mencerdaskan masyarakat, namun juga menciptakan pribadi yang berbudi luhur di tengah masyarakat.Binmas Kelurahan masale Polsek Panakukang bersama kekurahan membangun "Rumah Cerdas" untuk anak jalanan (Anjal) dikelurahan Masale.

Ide yang terlahir dari program Rumah Cerdas Kelurahan masale ini melebur dengan program Polrestabes Makassar dan keinginan Kapolda Sulsel Irjen Pol Mas Guntur Laupe untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat disambut baik oleh masyarakat lorong 8.

Binmas Masale Polsek Panakukang Bripka Muhammad Rais mengatakan jika program rumah cerdas ini ia rintis dengan lurah masale dikarenakan banyaknya anak jalanan yang buta huruf dan buta aksara.

"jumlah anak jalanan yang tidak tahu membaca di kelurahan masale sangat banyak, maka dari itu saya bersama ibu lurah berinisiatif membangun rumah cerdas. apalagi ditengah Pandemi Covid-19 sekolah diliburkan, kami berusaha membantu para warga yang memiliki anak untuk belajar bersama-sama." ungkap Bripka Muhammad Rais.

Rais menambahkan jika rumah cerdas yang ia buat dapat bermanfaat bagi warga kelurahan masale khususnya di lorong 8 yang kebanyakan bekerja sebagai pemulung.

"Kita coba untuk bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat sekitar dengan memberikan program-program pendidikan agar bisa meningkatkan keilmuan kepada mereka, seperti pelatihan membaca Alquran dan Ini sifatnya sosial," tambahnya.

Pendapat senada diungkapkan Lurah Masale Ariati, kecerdasan secara ilmu sebaiknya juga diiringi dengan budi pekerti yang baik."Ini adalah wadah bagaimana mendidik warga di lingkungan warga lorong 8 untuk menjadi cerdas dan berbudi luhur. Cerdas saja tidak cukup, namun harus diikuti dengan pribadi yang berbudi luhur," jelas Ariati

Dalam kegiatannya nanti, pihak Tripika kelurahan ini tidak hanya melibatkan para pemuda di lingkungan itu, namun juga para orang tua dan anak-anak.(*)

#rumahcerdas
#polrestabesmakassar
#polsekpanakukang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x