Kompas TV regional berita daerah

Masuk ke Pemukiman, Lutung Jawa Diamankan Warga

Kompas.tv - 10 Juni 2020, 17:37 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Saat pertama kali ditemukan oleh warga Desa Sumur Jomblang bogo, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, kondisi Lutung Jawa yang diamankan memprihatinkan, badannya kurus kering dan terluka. Namun sudah sepekan sejak ditemukan, kini kondisi lutung Jawa mulai membaik.

Hewan primata ini sudah bisa makan pisang maupun buah lainnya yang diberikan warga sekitar. Awal ditemukannya lutung Jawa berjenis kelamin perempuan ini, ketika warga sekitar terganggu adanya jenis monyet yang masuk ke pemukiman. Setelah ditangkap warga ternyata lutung Jawa ini merupakan hewan primata yang dilindungi pemerintah.

Sementara Babinsa desa setempat mengaku sudah melaporkan hal ini ke pihak terkait seperti pihak desa dan BKSDA. Nantinya akan ada evakuasi lutung Jawa oleh BKSDA agar dipelihara ditempat yang lebih aman. 

Penemuan lutung Jawa baru pertama kali terjadi di desa ini, sehingga tidak heran jika banyak warga yang penasaran termasuk anak-anak yang menonton lutung Jawa tersebut. 

#pekalongan #lutungjawa #penemuan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x