Kompas TV regional jabodetabek

Cara Aktivasi Kartu Uang Elekronik untuk Nikmati Tarif Terintegrasi Rp10.000

Kompas.tv - 25 Maret 2024, 06:00 WIB
cara-aktivasi-kartu-uang-elekronik-untuk-nikmati-tarif-terintegrasi-rp10-000
Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengajak masyarakat memanfaatkan tarif integrasi angkutan umum untuk menghemat biaya transportasi. (Sumber: Kompas.com/Gerry Lotulong)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengajak masyarakat memanfaatkan tarif integrasi angkutan umum untuk menghemat biaya transportasi.

Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, tarif terintegrasi saat ini mencakup MRT, LRT dan TransJakarta. Dimana pengguna cukup membayar Rp10.000 jika berpergian menggunakan 3 moda transportasi itu dalam kurun waktu 3 jam 

Ia mencontohkan warga dari Lebak Bulus yang hendak menuju Kota (Jakarta) hanya perlu membayar maksimal Rp10.000.

 "Jadi ibaratkan ada pelanggan dari Lebak Bulus mau ke Kota. Jika biasanya menggunakan MRT, dan lanjut dengan TransJakarta itu harus bayar Rp17.500, karena Rp14.000 dari Lebak Bulus sampai HI, kemudian Rp3.500 dari Bundaran HI ke Kota," kata Syafrin seperti dikutip dari Antara, Sabtu (23/3/2024). 

"Jika yang bersangkutan menggunakan tarif integrasi, bayarnya paling tidak Rp8.500, karena tarif ini maksimum Rp10.000. Nah dengan itu kita lihat bahwa mulai ada peningkatan jumlah penumpang," tambahnya. 

Baca Juga: 3,1 Juta Orang Naik MRT Jakarta pada Januari 2024, Kini Ada Feeder Blok M-PIK 2 dan akan Ditambah

Ia pun menjelaskan cara mengaktivasi kartu transportasi untuk kemudian dapat menggunakan tarif integrasi.

Pertama pengguna menempelkan kartu uang elektronik ke mesin Balance Check Terminal (BCT) hingga proses selesai. Jika proses pemindaian selesai akan muncul status kartu yang belum aktif di layar BCT.

Selanjutnya, angkat kartu dari mesin kemudian tap kembali kartu elektronik ke BCT, kemudian tunggu sebentar hingga proses selesai.

Jika proses sudah selesai, layar BCT akan menunjukkan keterangan "Kartu Intermoda: Aktif" dan selanjutnya kartu transportasi sudah aktif.

"Setelah kartu transportasi sudah berhasil diaktifkan, warga harus menghubungkan dengan aplikasi JakLingko agar bisa menggunakan kartu transportasi dengan tarif integrasi," ujarnya. 

Baca Juga: Daftar 16 Rute Transjakarta yang Kini Beroperasi Tiap Hari, Ada Senen-Tn. Abang dan Rambutan-Priok

Caranya, warga mengunduh aplikasi JakLingko lalu masukkan nomor kartu uang elektronik di aplikasi tersebut. Setelah itu, pengguna bisa menikmati ongkos murah tarif integrasi.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x