Kompas TV regional jawa timur

KA Pandalungan Anjlok di Sidoarjo, Perjalanan KA Arjuno Ekspres Dibatalkan

Kompas.tv - 14 Januari 2024, 13:59 WIB
ka-pandalungan-anjlok-di-sidoarjo-perjalanan-ka-arjuno-ekspres-dibatalkan
Kereta api (KA) Pandalungan relasi Gambir - Surabaya - Jember anjlok pada Minggu (14/1/2024) pagi. (Sumber: Tangkap Layar akun X @jalur5_.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah perjalanan kereta api terdampak anjloknya kereta api (KA) Pandalungan di emplasemen Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, Minggu (14/1/2024) pagi tadi.

Salah satunya KA Arjuno Ekspres relasi Surabaya Gubeng - Malang.

Manager humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif menyebut KA Arjuno Ekspres tersebut tidak diberangkatkan akibat kecelakaan tersebut.

"KA yang dibatalkan perjalanannya yaitu, KA Arjuno Ekspres relasi Surabaya Gubeng - Malang," kata Luqman dalam keterangannya Minggu.

Tak hanya KA Arjuno Ekspres, KAI juga melakukan perubahan pola operasi dengan memutar, via lintas Bangil-Kertosono terhadap beberapa kereta api, di antaranya KA Ranggajati relasi Jember - Surabaya Gubeng - Cirebon dan KA Logawa relasi Jember - Surabaya Gubeng- Purwokerto.

Di sisi lain, Luqman mengatakan, pihaknya juga menyediakan bus dari Stasiun Bangil dan Stasiun Sidoarjo untuk mengantar pelanggan menuju stasiun pemberhentian selanjutnya.

"Yakni bus dari Stasiun Bangil akan menuju Stasiun Surabaya, Mojokerto, sementara bus dari Stasiun Sidoarjo akan menuju Stasiun, Bangil, Pasuruan, Probolinggo, Klakah, dan Jember," ucapnya, dikutip dari Antara.

Sementara itu, sebagai bentuk kompensasi atas keterlambatan dan kedatangan KA kepada pelanggan, pihaknya memberikan service recovery berupa minuman, makan ringan hingga makanan berat.

Luqman juga berujar terdapat pembatalan perjalanan 100 persen bagi pelanggan KA yang terdampak.

Baca Juga: Kereta Api Pandalungan Anjlok di Stasiun Tanggulangin Sidoarjo, Jalur Tak Bisa Dilalui Sementara

"KAI menyampaikan mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian yang tidak diinginkan oleh semua pihak tersebut," ucapnya.

KAI dengan pihak-pihak terkait, tegas dia, juga terus melakukan upaya evakuasi dan normalisasi jalur agar perjalanan kembali lancar.

Diberitakan sebelumnya KA Pandalungan relasi Gambir - Surabaya - Jember mengalami anjlok di Emplasemen Stasiun Tanggulangin pada Minggu (14/1) pukul 07.57 WIB.

Luqman mengatakan saat ini pihaknya tengah fokus untuk melakukan upaya evakuasi  rangkaian kereta api.

Upaya selanjutnya, lanjut dia juga akan dilakukan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan. 

"Jalur KA untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut," jelasnya.

Ia pun menyebut tidak ada korban luka maupun korban jiwa akibat peristiwa tersebut.

Sementara untuk penyebab anjloknya KA tersebut masih dalam proses investigasi.

Baca Juga: KAI Pastikan Tak Ada Korban Jiwa KA Pandalungan Anjlok di Stasiun Tanggulangin Sidoarjo



Sumber : Kompas TV/Antara.


BERITA LAINNYA



Close Ads x