Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Unik, Pohon Natal Jumbo dari Sabut Kelapa

Kompas.tv - 13 Desember 2023, 14:36 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SUKOHARJO, KOMPAS.TV - Pohon Natal unik berbahan dasar dari sabut kelapa ini dipasang sebagai hiasan untuk menyambut sekaligus memeriahkan Hari Raya Natal di salah satu hotel di Kawasan Bisnis Solo Baru, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Pohon Natal jumbo ini memiliki tinggi enam meter, sedangkan lingkar diameter selebar tiga meter. Uniknya, karena semua bahan yang digunakan berasal dari sabut kelapa.

Pihak hotel mengaku kesulitan dalam membuat pohon Natal ini, selain harus mengumpulkan sabut kelapa hingga 300 kilogram dari pasar tradisional, sabut-sabut kelapa tersebut kebanyakan kondisnya masih basah sehingga perlu dijemur hingga kering yang memerlukan waktu sekitar dua hari.

“Kami dalam memperingati Hari Natal tahun ini, kami membuat pohon Natal dari serabut kelapa, untuk serabutnya sendiri kita mengumpulkan dari pasar tradisional. Untuk pembutannya sendiri kita membutuhkan waktu selama tujuh hari, untuk tinggi pohon Natal sendiri sekitar enam meter. Untuk kesulitannya dalam proses pengumpulan, karena cuacanya sendiri dalam musim hujan jadi dalam pengambilan dari pasar kita membutuhkan waktu untuk menjemur, karena serabutnya sendiri basah,” ujar Puji Ayu Lestari, karyawan hotel.

Dipilihnya sabut kelapa sebagai bahan baku pembuatan pohon Natal setinggi enam meter ini karena pihak hotel mendukung gerakan Go Green. Penggunaan bahan dasar ramah lingkungan ini tak hanya dilakukan kali ini saja, namun sudah sering dilakukan.

“Kali ini konsep pembuatan pohon Natal dari serabut kelapa, kita ikut support program Go Green. Jadi dari beberapa tahun yang lalu, kita melakukan hal yang sama tapi bahannya beda. Empat tahun yang lalu, kita dari ranting batang pohon, terus kita lanjut dengan daun jati dan saat ini kita buat konsepnya menggunakan serabut kelapa,” jelas Khuswatus Solikhin, cluster hotel Manager Favehotel Solobaru.

Dengan berhias pohon Natal unik berukuran jumbo berbahan dasar sabut kelapa, diharapkan dapat ikut menyambut serta memeriahkan perayaan Hari Natal sekaligus dapat bermanfaat serta dapat selalu mendukung gerakan Go Green.

#pohonnatal #gogreen #serabutkelapa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x