Kompas TV regional sumatra

Heboh BRIN Temukan Piramida di Danau Toba, Benarkah Dulunya Lokasi Perkampungan?

Kompas.tv - 2 Oktober 2023, 21:47 WIB
heboh-brin-temukan-piramida-di-danau-toba-benarkah-dulunya-lokasi-perkampungan
Piramida Toba. Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan mengunjungi Kabupaten Toba, Sumatera utara, pada Sabtu (23/9/2023) hingga Minggu (24/9/2023). Adapun kunjungan Menko Luhut ini untuk melihat keberadaan lokasi Piramida Toba. (Sumber: Tribun Medan)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

HUMBANG HASUDUTAN, KOMPAS.TV - Para Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menemukan sebuah piramida yang berada di kawasan Danau Toba, Sumatra Utara.

Diketahui, Piramida Toba tersebut berada di Desa Marbun Toruan, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan Bukit A atau Bukit Huruf A.

Dilansir dari Tribun Medan, bukit tersebut memiliki tiga level. Level pertama memiliki tiga teras yang luasnya bervariasi.

Teras pertama memiliki panjang sekitar 30 meter dan lebar sekitar 8 meter. Sedangkan teras kedua memiliki panjang 25 meter dan lebar 6 meter.

Sementara teras ketiga memiliki panjang sekitar 20 meter dan lebar 5 meter.

Antara level pertama dan kedua, rumput dan kayu-kayu masih lebat karena kawasan tersebut belum dibersihkan sepenuhnya.

Setelah pendakian 30 meter, level kedua terlihat dengan adanya tiga teras dengan ukuran yang lebih kecil dari level pertama.

Pada teras pertama, ada sebanyak 4 lesung batu serta dinding batu yang membentuk ruang di pinggir piramida tersebut.

Saat pendakian berlanjut sekitar 50 meter, level puncak atau level ketiga ditemukan. Sebuah bendera Merah Putih berkibar dengan tiang dari bambu.

Dari puncak, tampak Lembah Bakkara yang memanjang di pinggiran Danau Toba.

Piramida Danau Toba ini sendiri berada pada dinding bukit yang berdekatan dengan tempat perkampungan marga Pasaribu.

Menurut informasi yang beredar di masyarakat sekitar, kawasan tersebut merupakan lokasi perkampungan marga Banjarnahor setelah menyebar dari area Toga Marbun yang berada di Desa Parmonangan, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas.

Di desa tersebut terdapat sebuah dermaga atau yang dikenal masyarakat sekitar dengan nama Bontean.

Baca Juga: Lake Toba Fashion Week pada 6-8 Oktober 2023 Mendatang, Siap Bawa Produk Lokal Mendunia

Hasiholan Banjarnahor (74), sangat senang dengan penemuan piramida di Danau Toba itu. Meski begitu, ia tidak tahu kapan dan bagaimana Bukit Huruf A itu terbentuk.

"Kita sudah pernah juga ditemui pihak Dinas Pariwisata dan Pertanian dari Pemkab Humbahas soal lokasi tersebut. Kita setuju dengan upaya yang mereka mau lakukan di sana," kata Hasiholan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x