Kompas TV regional jawa timur

Akibat Kebakaran Sabana Bromo, Pipa Pengairan ke Lebih dari Enam Desa Rusak

Kompas.tv - 11 September 2023, 17:15 WIB
akibat-kebakaran-sabana-bromo-pipa-pengairan-ke-lebih-dari-enam-desa-rusak
Petugas gabungan dan relawan berusaha memadamkan kebakaran sabana Bromo, Jawa Timur. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menutup seluruh objek wisata di Bromo akibat kebakaran yang kian meluas. (Sumber: Instagram @bbtnbromotenggersemeru)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

MALANG, KOMPAS.TV - Pipa pengairan yang mengalirkan air ke enam desa mengalami kerusakan akibat kebakaran yang melanda sabana di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur.

Keenam desa yang terletak di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, tersebut bergantung pada pipa tersebut untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari warga.

"Bahkan malah lebih dari enam desa di Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo. Pipa tersebut menyalurkan air untuk kebutuhan warga dan pariwisata," ungkap Kasi Pengelolaan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Wilayah I Didit Sulastyo, Senin (11/9/2023), dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Kebakaran di Bromo Berdampak Buruk Pada Pelaku Wisata, Hotel dan Penyewaan Jip Sepi

Kebakaran di Bukit Teletubbies dipicu oleh flare (suar) yang digunakan dalam suatu sesi foto prewedding. Meskipun api sudah lebih kecil, namun kobaran masih terlihat membakar Sabana di wilayah Kabupaten Probolinggo.

Bahkan, kebakaran telah merambat ke wilayah atas dan mencapai wilayah Malang dan Pasuruan.

Didit menjelaskan, saat ini fokus pihaknya adalah melakukan pemadaman di sabana yang masih merambat. Sejauh ini, luasan kerusakan akibat kebakaran masih belum bisa dihitung secara pasti.

Baca Juga: Kebakaran Rusak Habitat Hewan dan Tumbuhan di Bromo Tengger Semeru

"Untuk luasan, kami masih belum menghitung karena fokus melakukan pemadaman di savana (sabana) yang merambat ke atas," terang Didit.

Upaya pemadaman diperkuat dengan bantuan satu unit helikopter water bombing yang dimiliki oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Upaya ini dilakukan untuk mengendalikan dan memadamkan api yang sulit dijangkau oleh petugas darat.

Baca Juga: Akibat Kebakaran Hutan di Lerang Gunung Semeru, Jalur Pendakian Ditutup!

Sebelumnya diberitakan, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Probolinggo AKBP Wisnu Wardana mengungkapkan, sebanyak 50 petugas dikerahkan untuk memadamkan kebakaran di padang sabana Bukit Teletubbies Bromo.

Pemadaman masih terus dilakukan karena api telah merembet ke wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Malang dan Pasuruan.


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x