Kompas TV regional berita daerah

Jalan, Saluran Irigasi dan Sungai Tertutup Material Vulkanik Gunung Semeru

Kompas.tv - 21 Desember 2022, 20:45 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Pembersihan material vulkanik gunung semeru yang menutup jalan dan saluran irigasi di Kabupaten Lumajang Jawa Timur hampir selesai. Pembersihan berjalan lambat karena terkendala cuaca ekstrim pasca erupsi gunung semeru.

3 alat berat milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dikerahkan untuk membersihkan material vulkanik gunung semeru. Material vulkanik menutup jalan alternatif penghubung Kabupaten Lumajang dan Malang, tepatnya di Dusun Kajar Kuning Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro. Material vulkanik menutup 1,2 kilometer jalan dengan ketebalan 2 hingga 3 meter.

Petugas PPK Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur Bali (BBPJN) juga menormalisasi sungai dan memperbaiki saluran irigasi yang tertutup material vulkanik.

Pembersihan dan perbaikan dilakukan sejak tanggal 6 Desember lalu. Namun hingga kini belum rampung, karena terkendala cuaca ekstrem. Pembersihan ditargetkan selesai akhir bulan Desember ini.

Baca Juga: Gunung Semeru Luncurkan Guguran Lava Pijar, Sejumlah Desa Hujan Abu

Aktivitas gunung semeru masih fluktuatif. Guguran lava pijar masih sering terjadi dengan jarak luncur 4 hingga 8 ratus meter dari puncak mahameru. Saat ini, gunung semeru berstatus siaga atau level III.

 

#materialvulkanik #gunungsemeru #saluranirigasi #lumajang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x