Kompas TV regional berita daerah

Gunung Semeru Luncurkan Guguran Lava Pijar, Sejumlah Desa Hujan Abu

Kompas.tv - 20 Desember 2022, 10:44 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Gunung semeru meluncurkan guguran lava pijar sepanjang satu kilometer ke arah besuk kobokan Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Akibatnya, sejumlah desa yang ada di sekitar lereng semeru terguyur hujan abu tipis.

Dalam video CCTV yang disiarkan langsung di kanal youtube milik Eko terlihat gunung semeru mengeluarkan lava pijar dari puncak kawah jonggring saloko.

Kepulan asap putih kecoklatan terlihat dan tertiup angin ke arah timur laut. Akibatnya Desa Sumbermujur dan beberapa desa yang ada di dekat lereng semeru terguyur hujan abu tipis, pada Minggu (18/12/2022) malam.

Baca Juga: Banjir Lahar Hujan Disertai Letusan Sekunder Gunung Semeru

Petugas BPBD Kabupaten Lumajang mendapat informasi dari petugas pos pantau semeru bahwa lama guguran lava pijar sampai 200 detik. Guguran lava pijar mengarah ke besuk kobokan sejauh 1 kilometer dari puncak.

Guguran lava pijar kali ini tidak membahayakan warga sekitar lereng semeru. Namun, warga diminta tetap waspada, karena gunung semeru masih suplai magma ke permukaan. Gunung semeru juga masih berstatus siaga atau level III.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x