Kompas TV regional berita daerah

Tim Kejagung Cek Tembok Eks Keraton Kartasura yang Jebol

Kompas.tv - 12 Mei 2022, 11:27 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SUKOHARJO, KOMPAS.TV - Dijebolnya tembok Baluwarti petilasan Keraton Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, mendapat perhatian dari Kejaksaan Agung RI. 

Kejaksaan agung (Kejagung) turut menyoroti kasus dijebolnya tembok bekas Benteng Keraton Kartasura. Tim Kejagung pun mendatangi lokasi tembok yang masuk cagar budaya dan dijebol, di Kelurahan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo Selasa (10/5/2022) sore.

Kedatangan tim Kejagung bukan untuk menangani proses hukumnya, karena saat ini proses hukum ditangani oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil atau PPNS Cagar Budaya. Namun, tim Kejagung akan mencari informasi secara langsung orang-orang yang berkaitan dengan kejadian tersebut, untuk diambil langkah selanjutnya.

"Ini apa sih yang terjadi, kan ramai , viral kan. Kebenarannya bagaimana, kita cek. Kami undang juga Mas Kusumo pemerhati cagar budaya, nanti yayasan atau siapapun, pak camat juga nanti kita mintai keterangan. Kalo kita tanya mewawancarai, sifatnya mewawancarai. Nanti kami analisa di atas,bagaimana petunjuk-petunjuk, langkah-langkahnya. Pihak terkait kan sudah mengambil keterangan, mengambil langkah-langkah. Kita membantu, mensinergikan," kata Ricardo Sitinjak, Direktur Sosbud dan Kemasyarakatan Jaksa Agung Muda Intelijen.

Sementara itu, Ketua Umum Forum Budaya Mataram, BRM Kusumo Putro, mendesak penegak hukum dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil Cagar Budaya untuk mengusut tuntas kasus ini.

"Harus diusut tuntas, karena ini kan kawasan cagar budaya. Sehingga jangan sampai lagi terjadi hal-hal seperti ini di tempat-tempat yang lain. Apapun bahwa cagar budaya itu harus dimiliki oleh pemerintah, dikelola pemerintah dan dimiliki negara, dan itu harus dilestarikan bersama, jangan sampai kejadian terulang lagi," ujar BRM Kusumo Putro.

Sebelumnya, tembok Baluwarti petilasan Keraton Kartasura dijebol dengan menggunakan alat berat oleh pemilik lahan. Rencananya, tembok tersebut dibuka untuk dijadikan akses keluar masuk karena lokasi tersebut akan dibangun tempat kos. Dan sampai saat ini pihak penegak hukum belum menetapkan tersangka dalam kasus tersebut.

#tembokbaluwarti #keratonkartasura #kejagung

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Hukum

KPK Geledah Kantor Setjen DPR

30 April 2024, 15:34 WIB

Close Ads x