Kompas TV regional berita daerah

Ribuan Pendekar Silat Memeriahkan Festival Silat Syawal

Kompas.tv - 30 April 2024, 16:05 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI,KOMPAS.TV - Kegiatan festival Silat Syawal, yang di gelar di lingkungan pondok Pesantren Dzikir Al-Fath, Kota Sukabumi, diikuti ribuan pendekar silat dari Jawa Barat, DKI hingga Banten. Festival yang diramaikan dengan penampilan kebudayaan khas Sunda seperti Bola Leungeun Seuneu (Boles), Adu Lisung hingga atraksi Debus. Tradisi pencak silat ini telah diakui oleh Unesco sebagai Warisan Budaya Tak Benda (wbtb) pada tahun 2019. Oleh sebab itu kita harus melestarikan warisan budaya Indonesia.

Pencak silat ini juga sangat unik variasi indonesia, seperti dipamerkan oleh para sesepuh ada Cikalong, Cimande, Tapak Suci dan lain sebagainya. salah satu paguron maung bodas, Muraz menilai paguron tersebut tetap bertahan melestarikan bahkan mengembangkan kebudayaan khas sunda.

Pimpinan Paguron Sang Maung Bodas, Fajar Laksana menambahkan, festival silat syawal dilakukan dalam rangka silaturahmi para pesilat yang ada di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Ribuan pendekar yang hadir berasal dari 60 paguran pencak silat. Diharapkan dalam kegiatan ini juga menumbuhkembangkan atlet atlet berbakat untuk kejuaraan Porda, PON dan juga Asean Game.

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x