Kompas TV regional sosial

Pengamat Tata Kota Ini Soroti Sistem Pengendali Banjir Jakarta Belum Mampu Atasi Perubahan Iklim

Kompas.tv - 5 Februari 2022, 06:40 WIB
pengamat-tata-kota-ini-soroti-sistem-pengendali-banjir-jakarta-belum-mampu-atasi-perubahan-iklim
Foto ilustrasi banjir di DKI Jakarta. Kondisi banjir di Jalan Letjen Suprapto, Jakarta Pusat, Sabtu (8/2/2020). Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak Sabtu (8/22020) dini hari membuat sejumlah kawasan di Ibu Kota terendam banjir. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kota Jakarta selalu menjadi langganan banjir setiap tahunnya. Belum ada cara yang betul-betul efektif menangani banjir yang dilakukan masing-masing gubernur di tiap eranya.

Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti Yayat Supriyatna berpendapat, kapasitas sistem pengendalian banjir yang dimiliki Jakarta saat ini tak mampu mengatasi adanya kondisi perubahan iklim.

Menurut Yayat, upaya sistem pengendalian banjir saat ini harus fokus pada meningkatkan kapasitas daya tampung sistem tanah dan air di Jakarta.

"Sistem yang sekarang itu sudah menggali penurunan karena masalah sentimentasi, pendangkalan, sungai-sungai harus di keruk, misalnya Banjir Kanal Timur dan Banjir Kanal Barat harus diperbaiki lagi dengan ditambah intensitasnya. Jadi kalau sungai enggak dinormalkan ya beratlah," jelas Yayat.

Salah satu hal yang harus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprorv) DKI Jakarta adalah mempercepat penanganan waduk yang berada di Ciawi.

Baca Juga: Banjir Bandang di Dieng, Motor Terseret Air

Sehingga penanggulangan banjir di Jakarta dapat diatasi dengan normalisasi sungai itu.

"Dengan normalisasi sungainya itu bisa dimaksimalkan kemudian penanganan banjir di Jakarta yang lingkupnya antarwilayah Bogor sampai Jakarta bisa lebih maksimal untuk diatasi," ujar Yayat.

Lebih lanjut Yayat Supriyatna juga mengatakan, penanganan bencana banjir di Jakarta sudah tentu jadi agenda wajib setiap Gubernur DKI Jakarta.

"Memang harus diakui, PR paling besar dari setiap gubernur Jakarta dari tahun ke tahun itu adalah penanganan banjir.”

“Sebetulnya menangani banjir ini susah-susah gampang, tapi kebanyakan susahnya dibanding gampangnya," ujar Yayat saat dihubungi, Selasa (1/2) lalu.

Persoalan banjir di Ibu Kota tak sekadar merelokasi wilayah. Dia menyebut perlu dialog antara pemerintah dan masyarakat untuk menemukan solusi.

"Jadi kalau Jakarta sudah kondisi seperti ini, tentu tidak bisa setengah-setengah lagi dalam menanganinya. Dalam banyak hal penanganan banjir itu secara komperhensif kurang banyak melakukan ruang dialog," ujar Yayat.

Yayat menuturkan, pemerintah harus lebih tegas dalam mengatasi penanganan banjir. Ditambah lagi masyarakat yang kurang merespons ketika pemerintah berusaha memperbaiki kondisi wilayah yang terdampak banjir.

Baca Juga: Ratusan Hektar Sawah Milik Warga Terendam Banjir

"Jadi benturan kebijakan dalam implementasi penanganan banjir itu adalah rencana. Retorikanya pemerintah akan menuntaskan banjir tapi logikanya antara perencanaan dengan realitas itu berbenturan. Karena memang sulit meminta kesediaan masyarakat untuk rela berpartisipasi misalnya pindah ke rumah susun dan mendapatkan kompensasi," tutur Yayat.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x