Kompas TV regional berita daerah

Ratusan Hektar Sawah Milik Warga Terendam Banjir

Kompas.tv - 2 Februari 2022, 11:06 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV ­–  Banjir merendam ratusan hektar sawah milik warga Desa Sido Mekar, Gedung Aji Baru, Kabupaten Tulang Bawang usai hujan deras yang terus mengguyur. Akibatnya, sejumlah tanaman padi milik warga mengalami kerusakan.

Di samping itu, Menurut Ketua Gapoktan Sido Mekar Muslimin banjir diperparah akibat kondisi parit yang tidak berfungsi dengan normal sehingga genangan air cukup tinggi dan sawah lainnya tak bisa ditanami.

Baca Juga: Akibat Tanggul Jebol, Ratusan Rumah Warga Terendam Banjir

“Ini dampaknya ke petani sendiri, gak bisa buat tanam. Karena lahannya yang cukup dalam dan kita sangat membutuhkan normalisasi parit supaya kalau air surut itu lancar,” jelas Muslimin.

“Kalau kondisi aliran di sini normalisasinya buruklah. Kurang bersih, Jadi, lama surutnya,” kata Sofii petani padi.

Beberapa hari terakhir, hujan kerap mengguyur sejumlah kawasan di Kabupaten Tulang Bawang. Akibatnya, banjir yang merendam tanaman warga mengakibatkan para petani terancam gagal panen dan merugi.

Baca Juga: Minyak Goreng Harga 12.500 Rupiah Diserbu Warga

Oleh karena itu, warga berharap agar pemerintah setempat khususnya dinas pertanian dapat mengupayakan untuk normalisasi parit di sekitaran sawah sehingga air hujan tidak langsung masuk ke sawah warga.

#banjir #hujanderas #cuacaekstrem



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x