Kompas TV regional berita daerah

Masuk Jajaran Kota dengan Respons Covid Terbaik di Dunia, Ini Catatan Penanganan Corona Jakarta

Kompas.tv - 11 November 2021, 11:15 WIB
masuk-jajaran-kota-dengan-respons-covid-terbaik-di-dunia-ini-catatan-penanganan-corona-jakarta
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. Vaksinasi Covid-19 disebut-sebut sebagai salah satu indikator yang mempengaruhi semakin membaiknya respons DKI Jakarat terhadap pandemi. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lembaga analitik asal London, Inggris, Deep Knowledge Analytics (DKA) menempatkan Jakarta dalam jajaran 50 kota dengan respons Covid-19 terbaik di dunia.

Dengan variabel penilaian yang meliputi tingkat vaksinasi Covid-19, manajemen perawatan kesehatan, dan paket dukungan ekonomi bagi warga terdampak pandemi.

Sementara itu, di posisi puncak ada Abu Dhabi yang dinilai memiliki tingkat vaksinasi terbaik sedunia, kemudian disusul Singapura di urutan kedua dengan ketahanan ekonominya.

Adapun, Jakarta sendiri berada di peringkat ke-47 dunia, tepat di bawah kota Athena, Yunani dan di atas kota Ankara, Turki seperi dilansir dari dka.global.

Baca Juga: Waspada 5 Daerah Ini Terdapat Kenaikan Kasus Aktif dan Positif Covid-19, DKI Jakarta Termasuk

Namun, sebetulnya sudah seberapa baikkah respons Covid-19 yang selama ini diterapkan di Ibu Kota Indonesia tersebut?

Untuk menjawabnya, berikut KOMPAS TV rangkumkan catatan penanganan pandemi Covid-19 di Jakarta, melansari dari beberapa sumber.

1. Peningkatan Laju Vaksinasi Covid-19

Tingkat vaksinasi Covid-19 DKI Jakarta dilaporkan sudah melampaui jumlah penduduknya sendiri, karena Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga menerima sejumlah warga dari daerah sekitar.

Menurut laporan terbaru dari corona.jakarta.go.id, Pemprov DKI sudah menyuntikan dosis pertama vaksin Covid-19 kepada sebanyak 10,97 juta orang.

Dari angka tersebut, tercatat 67 persen di antaranya merupakan warga ber-KTP DKI Jakarta dan sisanya tidak.

Sementara itu, jumlah penerima vaksin Covid-19 dosis kedua di Jakarta telah mencapai 8.58 juta jiwa dan 70 persen di antaranya merupakan warga setempat.

Adapun, untuk capaian vaksinasi lengkap bagi peserta usia 12-17 tahun adalah 76,7 persen, usia 18-59 tahun sebesar 99,9 persen, sedangkan usia 60 ke atas sejumlah 84,1 persen.

Baca Juga: Dorong Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov DKI Gelar Jakarta Investment Forum 2021

2. Penyediaan Rumah Sakit Rujukan Khusus Covid-19 dan Tenaga Medis



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x