Kompas TV regional berita daerah

Memasuki Musim Hujan, Harga Sayuran dan Bumbu Dapur Naik

Kompas.tv - 25 September 2021, 12:31 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Memusiki musim hujan, harga komoditas hortikultura dan sejumlah bumbu dapur di pasar tanjung Kabupaten Jember Jawa Timur merangkak naik. Kenaikan terjadi karena permintaan meningkat, sedangkan pasokan dari petani menurun, karena gagal panen.

Komoditas sayur yang mengalami kenaikan harga, seperti kubis dan buncis. Harga kubis saat ini naik 10 ribu rupiah dari harga 4 ribu rupiah per kilogram. Untuk buncis naik 12 ribu rupiah dari harga 6 ribu rupiah.

Baca Juga: Cuaca Buruk, Harga Cabai dan Sayuran di Pasar Tradisional Naik

Sedangkan untuk komoditas bumbu dapur, yang mengalami kenaikan adalah bawang merah, cabai rawit dan cabai merah besar.

Untuk bawang merah naik menjadi 30 ribu rupiah dari harga 25 ribu rupiah per kilogram. Cabai rawit naik dari harga 12 ribu menjadi 20 ribu per kilogram dan cabai merah besar naik 14 ribu rupiah per kilogram dari harga 10 ribu rupiah.

Menurut pedagang sayuran, Katiyem, kenaikan harga terjadi sejak sepekan terakhir. Kenaikan terjadi karena pasokan dari petani mulai berkurang. Bahkan sebagian pedagang kesulitan mendatangkan komoditas dalam jumlah besar. Di saat bersamaan, permintaan konsumen meningkat.

Baca Juga: Harga Komoditi Bumbu Dapur di Pasar Tradisional Merangkak Naik

Kenaikan harga diperkirakan terus terjadi selama musim penghujan, karena banyak petani sentra penghasil hortikultura gagal panen akibat curah hujan tinggi.

 

#Sayuran #BumbuDapur #MusimHujan #PasarTradisional



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x