Kompas TV regional berita daerah

Cuaca Buruk, Nelayan di Pantai Ujung Genteng Alih Profesi

Kompas.tv - 23 Agustus 2021, 15:04 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Inilah suasana puluhan nelayan di Pantai Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi, berbondong-bondong mencari udang rebon dengan cara dijaring. 

Meski saat ini udang rebon sedang musim panen, namun yang mereka lakukan bukanlah pekerjaan utama. Biasanya mereka mencari ikan ke laut lepas menggunakan perahu.  

Para nelayan tersebut terpaksa mencari dan memanfaatkan udang  kecil di pinggir pantai, untuk  dijual dengan cara berkeliling kampung kepada warga sekitar, hanya untuk bisa menyambung hidup.

Karena sudah seminggu lebih mereka tidak bisa melaut akibat cuaca buruk. Para nelayan menjualnya dengan harga 10 hingga 20 ribu rupiah per 1 liter.

Dalam sehari mereka bisa mengantongi uang sebesar 100 ribu rupiah. Penghasilan ini berbeda jauh dengan pendapatan mereka saat melaut mencari ikan. Jika melaut mereka bisa mendapatkan 400 sampai 500 ribu per hari. 

Cuaca buruk di wilayan Pantai Selatan sudah satu minggu lebih. Sejumlah fasilitas umum dan puluhan perahu nelayan pun ikut rusak, akibat dihantam gelombang pantai yang mencapai 6 meter.

 

Untuk lebih tahu berita terup date seputarJawa Barat, bisa klik link di bawah .

IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x