Kompas TV regional berita daerah

Bertani Tanaman Air Hasilkan Puluhan Juta Rupiah Saat Pandemi Covid-19

Kompas.tv - 22 Agustus 2020, 23:24 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS TV – Di atas area lahan seluas 15 x 20 meter inilah, Rudi Cahyono sejak 3 tahun terakhir memilih untuk menekuni usaha bertani tanaman air, yang banyak digunakan untuk seni menyusun tanaman air, batu karang, kayu di dalam akuarium, atau yang lebih dikenal aquascape.

Pria berusia 34 tahun ini memiliki 90 jenis tanaman air di lahan yang letaknya di seberang rumah. Bahkan perawatan tanaman air terbilang mudah. Cukup satu kali tanam maka tiap bulannya sudah bisa dipanen. Bapak dari satu anak ini hanya cukup untuk membersihkan rumput liar, agar tanaman air tumbuh subur.

Setelah dipanen, maka tanaman air yang termasuk dalam kelompok tanaman tropis  ini selanjutnya dimasukan ke dalam kolam display, untuk dipamerkan dan dijual melalui akun media sosialnya. Dengan modal awal Rp. 10 juta, mantan tehnisi di salah satu perusahaan alat berat di Balikpapan ini terus meraup untuk hingga saat ini. Bahkan saat terjadi pandemi covid-19, pendapatan justru meningkat hingga tiga kali lipat.

Jika sudah dimasukkan ke dalam akuarium, maka kualitas, keindahan, dan warna terangnya jadi lebih nampak jika dibandingkan ketika masih ada di kebun. Tanaman ini bisa tumbuh dalam jangka waktu yang cukup lama, jika benar – benar dirawat dan dipelihara oleh pemiliknya

#bertani#tanamanair#peluangusaha  

Jangan lewatkan informasi menarik di Kompas TV Balikpapan, yuk subscribe channel youtube Kompas TV Balikpapan.

Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV Balikpapan:

instagram: https://www.instagram.com/kompastv.balikpapan/?hl=id

facebook : https://www.facebook.com/kompastvbalikpapan

twiter :  https://twitter.com/TvBalikpapan?s=09



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Hukum

KPK Geledah Kantor Setjen DPR

30 April 2024, 15:34 WIB

Close Ads x