Kompas TV pendidikan kampus

Tips Menghadapi Masa Ospek di Kampus Baru: Harus Bergaul dengan Senior dan Hindari Baper

Kompas.tv - 8 Juli 2023, 06:00 WIB
tips-menghadapi-masa-ospek-di-kampus-baru-harus-bergaul-dengan-senior-dan-hindari-baper
Ilustrasi ospek di Universitas Gadjah Mada (UGM). (Sumber: Kagama)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Calon mahasiswa yang sudah diterima di universitas, sebelum memasuki masa perkuliahan wajib mengikuti masa orientasi mahasiswa, atau sering juga disebut juga dengan istilah ospek. 

Tidak sedikit mahasiswa yang merasa khawatir menghadapi masa ospek di perguruan tinggi, karena selama ospek, kamu akan bertemu dengan teman-teman baru satu jurusan bahkan dengan kakak tingkat yang akan membimbingmu selama mengikuti masa ospek. 

Berikut tips menghadapi masa ospek dikutip dari Kompas.com.

1. Jangan terlalu diam atau aktif 

Saat mengikuti ospek, kamu bisa saja menghadapi senior dengan berbagai karakter. Sebagai mahasiswa baru tentunya kamu harus pintar membawa diri. 

Caranya dengan tidak bersikap terlalu aktif, agar tidak dianggap sebagai mahasiswa baru (maba) yang suka cari sensasi. 

Namun, juga jangan menjadi mahasiswa baru yang sangat pasif atau diam karena bisa dicap sebagai maba yang tidak mempunyai jiwa kritis. 

Sehingga kamu harus pintar memposisikan diri kamu selama ospek. Jawablah jika kamu ditanya secara langsung dan selalu bersikap baik.

2. Bergaul dengan senior 

Saat dinyatakan lolos di sebuah perguruan tinggi, kamu bisa saja sudah punya kenalan atau kakak tingkat yang kuliah di kampus tersebut. Tidak ada salahnya kamu juga bisa berkumpul dengan senior yang sudah kamu kenal di kampus tersebut.

Jika sudah ada kenalan kakak tingkat di kampus tersebut, kamu bisa bertanya terkait pelaksanaan ospek yang biasa dilakukan di kampus itu.

Baca Juga: 3 Mahasiswa Asal UMM Ciptakan Robot SAR Penyelamat Berteknologi Canggih!



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x