Kompas TV olahraga sports

Peselancar Indonesia Rio Waida Meluncur ke Olimpiade Paris 2024: Luar Biasa!

Kompas.tv - 3 Maret 2024, 16:18 WIB
peselancar-indonesia-rio-waida-meluncur-ke-olimpiade-paris-2024-luar-biasa
Peselancar Indonesia Rio Waida berjalan bersama rekannya usai pertandingan World Surf League (WSL) 2022 di Pantai Plengkung (G-Land) TN Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (3/6/2022). (Sumber: ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/rwa.)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Peselancar asal Indonesia, Rio Waida dipastikan lolos ke Olimpiade Paris 2024 pada Minggu (3/3/2024) waktu Indonesia. Rio Waida dipastikan lolos usai menempati urutan kedua repechage 10 International Surfing Association (ISA) World Surfing Games 2024 di Arecibo, Puerto Riko, Sabtu (2/3).

Rio sukses mengamankan tiket Olimpiade Paris 2024 usai menyelesaikan babak repechage 10 pada urutan kedua ISA World Surfing Games 2024 di urutan kedua dengan pundi-pundi 10,93 poin. Rio pun akan kembali mewakili Indonesia di ajang Olimpiade usai berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 lalu.

"Ini sangat luar biasa dan sangat indah. Itu alasan kenapa saya datang ke kejuaraan ini. Terakhir kali saya lolos kualifikasi untuk Tokyo, rasanya luar biasa, dan sekarang saya ingin melakukannya lagi," kata Rio dikutip keterangan resmi Komite Olimpiade (NOC) Indonesia, Minggu (3/3).

"Saya akan terus berjuang untuk negara saya, selalu," lanjut atlet asal Bali tersebut.

Baca Juga: Gregoria Mariska Ingin Nikmati Proses Menuju Olimpiade Paris 2024

ISA World Surfing Games 2024 Puerto Riko sendiri adalah ajang kualifikasi terakhir menuju Olimpiade 2024 Paris. Peselancar yang menempati tiga besar repechage 12 mendapatkan tiket Olimpiade. Karena ada surfer yang sudah meraih tiket ke Olimpiade 2024 di kualifikasi sebelumnya atau sudah memiliki dua wakil senegara, empat tiket tersisa diberikan kepada para peselencar terbaik yang melaju ke repechage 10.

Kendati sudah mengantongi tiket Olimpiade Paris 2024, Rio masih akan bertanding di repechage 11 ISA World Surfing Games 2024 Puerto Riko.

Paris 2024 akan menjadi olimpiade kedua Rio Waida setelah Tokyo 2020. Di Jepang, sepak terjang Rio terhenti di babak 16 besar di Tsurigasaki Surfing Beach, Jepang.


Sementara itu, Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari mengaku turut gembira Indonesia menambah wakil di Olimpiade Paris 2024.

"Merah Putih terus berkibar tinggi. Sekarang tinggal menunggu Indonesia Raya berkumandang di Tahiti, Paris 2024. Terima kasih dan selamat berjuang terus untuk Rio Waida atlet surfing kebanggaan Indonesia," kata Okto dikutip Antara.

Sejauh ini, sudah ada tujuh atlet yang dipastikan mewakili Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Sebelum Rio, terdapat atlet panahan Arif Dwi Pangestu dan Diananda Choirunisa, Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rahmad Adi Mulyono dari panjat tebing, Rifda Irfanaluthfi dari senam artistik, dan Fathur Gustafian dari menembak.

Baca Juga: Pesan Taufik Hidayat untuk Ginting dan Jonatan: Anggap Olimpiade Paris 2024 yang Terakhir

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x