Kompas TV olahraga sepak bola

PSSI: Ernando Ari Sutaryadi Pahlawannya Timnas Indonesia di Piala AFF 2023

Kompas.tv - 28 Agustus 2023, 08:51 WIB
pssi-ernando-ari-sutaryadi-pahlawannya-timnas-indonesia-di-piala-aff-2023
Penjaga gawang Timnas U23 Indonesia Ernando Ari, menulis permintaan maaf usai kegagalan menjadi eksekutor penalti di laga final Piala AFF U23 2023 melawan Vietnam, Sabtu (26/8/2023). (Sumber: Instagram @nandoariiiss)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PSSI Erick Thohir, mengapresiasi kiper Timnas U23 Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi terutama terkait laga final Piala AFF U23 2023 kontra Vietnam.

Pada pertandingan final Piala AFF U23 2023 pada Sabtu (26/8/2023) Indonesia bertemu Vietnam yang berakhir dalam adu penalti.

Sepanjang waktu normal dan perpanjangan waktu, Ernando melakukan beberapa penyelamatan penting untuk menjaga gawang Indonesia tetap tidak terbobol.

Baca Juga: Media Vietnam Sindir Shin Tae-yong yang Kembali Gagal Juara Bersama Timnas Indonesia

Terutama, ia bahkan berhasil mencegah gol dari sepakan penalti pemain Vietnam selama babak pertama. Pertandingan berlanjut hingga drama tos-tosan terjadi.

Sayang, Vietnam keluar sebagai pemenang dalam adu penalti dengan skor 6-5 melawan Indonesia.

Ernando Ari, yang menjadi eksekutor penalti keenam untuk Indonesia, tidak berhasil mengkonversi tembakannya, dan Vietnam berhasil meraih gelar juara.

Baca Juga: Diserang Netizen usai Sikut Haykal Alhafiz, Akun Instagram Nguyen Hong Phuc Menghilang

Erick Thohir melihat Ernando, yang saat ini bermain untuk Persebaya Surabaya, sebagai potensi bintang masa depan dalam dunia penjaga gawang di Indonesia.

Dia menyoroti usaha yang telah dilakukan Ernando dalam latihannya dan percaya bahwa Ernando memiliki kapasitas untuk menjadi kiper terbaik di negara ini.

"Saya rasa Ernando itu pahlawannya. Kalau di penalti pertama sudah gol dan Ernando berhasil menahannya. Coba kalau tidak, pasti tidak akan ada drama hingga adu penalti," kata Erick, Minggu (27/8) dikutip dari Antara.

Baca Juga: Usai Piala AFF U23, Shin Tae-yong Langsung Fokus ke Kualifikasi Piala Asia U23

Erick Thohir menambahkan bahwa dedikasi dan perkembangan keterampilan Ernando dapat membuka jalan baginya menjadi penjaga gawang terbaik di Indonesia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x