Kompas TV olahraga sepak bola

Media Vietnam Sindir Shin Tae-yong yang Kembali Gagal Juara Bersama Timnas Indonesia

Kompas.tv - 27 Agustus 2023, 14:52 WIB
media-vietnam-sindir-shin-tae-yong-yang-kembali-gagal-juara-bersama-timnas-indonesia
Momen Shin Tae-yong saat memimpin Timnas U23 Indonesia melawan Vietnam di final Piala AFF U23 2023, Sabtu (26/8/2023). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Salah satu media Vietnam menyindir pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yang kembali gagal mempersembahkan gelar juara.

Sindiran tersebut datang usai kemenangan Vietnam atas Timnas U23 Indonesia pada partai final Piala AFF U23 2023, Sabtu (26/8/2023) malam WIB. 

Dalam duel tersebut, kedua tim bermain imbang 0-0 selama 120 menit waktu normal dan babak tambahan yang membuat pemenang harus ditentukan melalui adu penalti.

Di babak tos-tosan, Vietnam akhirnya keluar sebagai juara usai eksekutor keenam Garuda Muda, Ernando Ari, gagal menceploskan bola ke dalam gawang.

Hasil ini lantas menjadi kegagalan yang kesekian kalinya bagi pelatih asal Korea Selatan meraih gelar juara bersama Timnas Indonesia.

Meski mampu mengubah permainan skuad Garuda menjadi lebih baik, masih ada pihak yang menilai Shin Tae-yong kurang berhasil karena belum membawa Indonesia juara.

Sindiran pun datang dari media Vietnam, Soha VN. Dalam tulisannya, media tersebut mengomentari kondisi Shin Tae-yong yang masih belum mampu memberikan gelar kepada Indonesia.

"Hingga saat ini, Shin Tae-yong belum juga meraih gelar juara bersama Timnas Indonesia," tulis Soha.

Baca Juga: Shin Tae-yong Kritik Wasit usai Timnas U23 Kalah di Final Piala AFF U23:

"Padahal kontrak pelatih asal Korea Selatan itu dengan Federasi Sepak Bola Indonesia akan berakhir pada awal 2024,"

"Tapi, pelatih Shin Tae-yong belum juga meraih gelar pertamanya bersama Timnas Indonesia," tambahnya.

Sejauh ini, di level senior, Shin Tae-yong telah dua kali berjuang bersama Timnas Indonesia di Piala AFF dua edisi terakhir.

Akan tetapi, Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong harus puas menjadi finalis pada Piala AFF 2020 setelah kalah lawan Thailand.

Sementara di edisi 2022, performa Timnas Indonesia menurun karena disingkirkan Vietnam di semifinal.


Kemudian, bersama Timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong hanya bisa mengamati timnya meraih medali emas di SEA Games 2023 Kamboja lantaran waktu itu skuad Merah Putih dilatih Indra Sjafri. 

Sebelumnya, di SEA Games 2021 di Vietnam, Timnas Indonesia U23 yang diasuh oleh Shin Tae-yong hanya berhasil meraih medali perunggu. 

Dengan melihat hasil tersebut, tampaknya Soha VN  berpendapat bahwa nasib kurang berpihak kepada Shin Tae-yong dalam perjalanannya bersama Timnas Indonesia.

Dengan sisa kontrak yang tidak panjang, Shin Tae-yong akan kembali berusaha bersama Timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kualifikasi Piala Asia U23, dan Piala Asia 2023 yang akan datang. 

Baca Juga: Usai Piala AFF U23, Shin Tae-yong Langsung Fokus ke Kualifikasi Piala Asia U23



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x