Kompas TV olahraga sepak bola

Shin Tae-yong Kritik Wasit usai Timnas U23 Kalah di Final Piala AFF U23:

Kompas.tv - 27 Agustus 2023, 05:30 WIB
shin-tae-yong-kritik-wasit-usai-timnas-u23-kalah-di-final-piala-aff-u23
Pelatih Timnas U23 Indonesia, Shin Tae-yong, dalam konferensi pers jelang laga melawan Thailand di semifinal Piala AFF U23 2023. (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

RAYONG, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia U23 Shin Tae-yong melontarkan kritik kepada wasit yang bertugas di final Piala AFF U23 2023. 

Dalam laga final antara Indonesia vs Vietnam yang berlangsung di Stadion Provinsi Rayong, Thailand, Sabtu (26/8/2023) malam WIB, Garuda Muda kalah 5-6 lewat babak adu penalti usai bermain imbang tanpa gol sepanjang 120 menit. 

Shin Tae-yong mengucapkan selamat kepada Vietnam U23 atas keberhasilan mereka menjadi juara Piala AFF U23 2023. 

"Pertama-tama, selamat untuk Vietnam yang telah memenangi pertandingan dan saya juga mengapresiasi seluruh pemain dan kedua tim atas permainan dan usaha mereka," kata Shi Tae-yong usai pertandingan. 

Baca Juga: Hasil Final Piala AFF U23 2023: Vietnam Juara usai Tekuk Timnas Indonesia U23 Lewat Adu Penalti

Kendati demikian, pelatih asal Korea Selatan itu juga menyampaikan kritikan kepada wasit yang bertugas di laga tersebut. 

Menurutnya jika tak meningkatkan kualitas sang pengadil, maka ajang ini justru menghambat perkembangan pemain.


"Hanya satu hal yang ingin saya sampoaikan adalah jika AFF ingin anggotanya berkembang, pemain juga berkembang, kita harus memikirkan beberapa hal," kata Shin Tae-yong.

"Saya tak bisa menyebutnya secara spesifik, tetapi beberapa situasi tidak menolong pemain."

"Pemain mungkin punya usaha yang hebat, tetapi keputusan (pengadil) salah."

Baca Juga: Indonesia Vs Vietnam di Final Piala AFF, Pengamat: Pemain Timnas Harus Tenang dan Fokus!

"Dan keputusan salah itu tidak bagus. Bisa menghambat perkembangan pemain meskipun mereka punya effort yang besar," tambahnya.

Beralih ke Piala Asia U23

Untuk ke depannya, Shin Tae-yong langsung mengalihkan fokus Timnas U23 ke ajang Kualifikasi Piala Asia U23 2024 yang akan mulai bergulir pada 9-12 September mendatang. 

Selain itu, eks pelatih Timnas Korea Selatan itu juga mengonfirmasi bahwa Timnas U23 akan mulai menjalani pemusatan latihan (TC) pada 4 September. 

"Kami sudah mendapat pelajaran dari turnamen ini. Kami akan bersiap lebih baik untuk TC Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. TC mulai 4 September," papar STY.



Sumber : Kompas TV/BolaSport


BERITA LAINNYA



Close Ads x