Kompas TV olahraga sports

Gebrakan Menpora Dito Ariotedjo untuk Olahraga di Indonesia, Apa Saja?

Kompas.tv - 7 April 2023, 05:25 WIB
gebrakan-menpora-dito-ariotedjo-untuk-olahraga-di-indonesia-apa-saja
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo berbicara kepada wartawan setelah dilantik di Istana Negara Jakarta, Senin (3/4/2023). (Sumber: ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengungkapkan apa saja gebrakan yang akan dilakukannya untuk memajukan olahraga di Indonesia.

"Gebrakan baru yang pasti kita akan mengimplementasikan apa yang sudah dirancang sebelum saya duduk (sebagai Menpora) yaitu Perpres Desain Besar Olahraga Nasional (DBON)," kata Dito dalam Sapa Indonesia Malam Kompas TV, Kamis (6/4/2023).

"Yang kita akan lakukan adalah eksekusi. Pembinaan olahraga itu kita sudah lintas sektor kementerian dan kita akan mendirikan sport science institute," ungkapnya.

Seperti yang diketahui, Dito dilantik sebagai Menpora oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Senin (3/4/2023).

Presiden Jokowi pun menginstruksikan tiga hal kepada pria berusia 32 tahun itu yaitu memprioritaskan cabang olahraga yang berpotensi mendulang medali di ajang seperti SEA Games, Asian Games hingga Olimpiade, memasifkan kompetisi olahraga sejak usia dini di sekolah dan berbagai lapisan masyarakat serta mewujudkan ekosistem industri olahraga yang semakin maju.

Dito mengatakan ketiga hal tersebut menjadi prioritasnya. Namun untuk tiga puluh hari ke depan, dirinya akan fokus mempersiapkan kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023 Kamboja.

"Yang pasti tiga-tiganya itu prioritas. Tapi untuk jangka waktu tiga puluh hari ke depan ini kita akan mengirimkan kontingen-kontingen Indonesia menuju SEA Games," kata dia.

"Jadi fokus saya masuk kantor kemarin itu mempersiapkan kontingen Indonesia siap berangkat dan mendapatkan potensi medali paling terbaik menurut perhitungan kita."

Baca Juga: Gantikan Zainudin Amali, Dito Ariotedjo Menpora Termuda di Sejarah Pemerintahan RI!

"Dan kemudian dilanjutkan langsung pembentukan dan pendirian sport science institute di Indonesia dan juga ekosistem sport industry ini harus kita bangun lebih established," imbuhnya.

Sebagai menteri termuda di Kabinet Presiden Jokowi, tentu bukan hal yang mudah untuk melakukan koordinasi lintas sektor dengan menteri lain.

Akan tetapi, Dito justru mengaku para menteri lain sangat proaktif kepadanya sehingga memudahkan dirinya untuk menyusun agenda-agenda kerja bersama.

"Alhamdulillah, justru yang saya rasakan karena saya termuda ini, menteri-menteri lain ini malah menganggap saya mungkin selain adik, anak ya. Justru proaktif sekali," ungkapnya.

"Saya baru bekerja tiga hari, alhamdulillah sudah bisa berkoordinasi dengan Menteri Pariwisata, baru saja saya menemui Pak Prabowo Subianto (Menteri Pertahanan) dan sudah banyak agenda-agenda koordinasi lintas sektor yang akan kita jalankan ke depannya," ujar dia.

Meski hanya akan menjabat sebagai Menpora dalam waktu yang singkat, kurang lebih 1,5 tahun, Dito menegaskan dirinya akan berusaha melakukan perubahan demi membantu anak muda di Indonesia untuk mengembangkan diri.

"Yang pasti saya akan membuat masyarakat mengenal bahwa Kemenpora adalah rumahnya pemuda. Dan anak-anak muda ini yang ingin mengembangkan dirinya jika datang ke Kemenpora nantinya akan mendapatkan, insyaallah, beberapa solusi," ucap Dito.

"Dan juga bisa membantu kapitalisasi dirinya masing-masing. Tujuan saya tidak hanya membantu generasi saya tapi juga semua generasi kita dorong," pungkasnya. 

Baca Juga: Menpora Dito Ariotedjo: Kita Doakan Saja Semoga ANOC World Beach Games 2023 Bisa Tetap Berjalan


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x